Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Pusat Kajian Pengurusan Pembangunan Islam Universiti Sains Malaysia (ISDEV-USM) Pulau Pinang, Selasa (15/3) menyelenggarakan Workshop Antarbangsa Pembangunan Islam (WAPI) ke-4 di Kampus Terpadu UMSU Jl Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan.

Pelaksanaan workshop diikuti 200 peserta terdiri dari para Dekanat se-UMSU, Ketua Jurusan/Program Studi, para mahasiswa program Sarjana dan Pascasarjana UMSU, para mahasiswa dari Malaysia, Singapura, Thailand dan mahasiswa UMSU yang belajar di Malaysia, dengan para pembentang dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Para peserta dibagi dalam 4 kelompok menggunakan 4 bilik dimana setiap kelompok melakukan pembahasan dalam 3 sesi yang masing-masingnya membahas topik yang sudah dipersiapkan. Setiap sesi memakan waktu lebih kurang 2 jam dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 18.00 Wib dengan istirahat saat shalat Zuhur dan Asyar.

Workshop dibagi dalam 4 kelompok untuk mempertajam pembahasan karena diperlukan pembahasan khusus menyangkut tema yang sudah dipersiapkan. Diharapkan hasil workshop ini dapat menjadi acuan bagi umat Islam di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand dalam upaya membangun masyarakat Islam yang madani dan berkemajuan”, ujar Ketua Panitia Penyelenggara H Suhrawardi K Lubis, SH, SpN MH yang juga Wakil Rektor II UMSU melalui Humas UMSU Anwar Bakti kepada wartawan di sela-sela penyelenggaraan workshop tersebut.

Menurut Suhrawardi, kegiatan Workshop Antarbangsa Pembangunan Islam ini sudah diagendakan setiap tahunnya diselenggarakan oleh UMSU dan tahun 2011 ini merupakan pelaksanaan yang ke-4. Diharapkannya tahun depan kegiatan ini bisa dilaksanakan lebih ramai lagi karena permasalahan di dunia Islam semakin luas dan berkembang.

Sementara itu Humas UMSUAnwar Bakti mengatakan, para peserta kelompok umumnya terlihat sangat serius mengikuti pemaparan yang diberikan oleh para pembentang berhubung apa yang dibahas merupakan hal-hal yang aktual di tengah perkembangan dunia Islam dewasa ini.

Sebelum mengikuti kegiatan workshop, para peserta tamu dari tiga negeri jiran tersebut juga berkesempatan mengunjungi sejumlah lokasi wisata, di antaranya Danau Toba yang merupakan daerah tujuan wisata unggulan di Sumatera Utara dan para tamu memuji keindahan alam di sekitar danau tersebut.***

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.