Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin kerja sama dengan Pusat Kajian Pengurusan Pembangunan Islam Universiti Sains Malaysia (USM) Pulau Penang. Kerja sama itu diiringi dengan penandatangan memorandum of understanding (MoU) oleh pimpinan kedua perguruan tersebut di kampus UMSU, akhir pekan lalu.

Jalinan kerja sama bidang pendidikan itu dilanjutkan dengan penandatangan MoU pengelolaan wakaf tunai UMSU dengan seminar antarbangsa ke-4 bertajuk ”Aplikasi Manajemen Islam”. Rektor UMSU, Drs Agussani MAP, mengemukakan, kerja sama  bagi perguruan tinggi sudah merupakan keharusan untuk membangun pencitraan dalam upaya meningkatkan sumberdaya lulusan agar berkualitas.

Lingkup kerjasama UMSU dengan ISDEV USM Malaysia meliputi kunjungan akademik oleh para dosen penguji, assesor dari luar kampus. Sedangkan penelitian dan pengembangan bersama termasuk bantuan dengan pengembangan pusat-pusat yang relevan pada universitas. Selain itu juga mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dosen melakukan perkembangan profesi berkelanjutan program S3 dan pertukaran mahasiswa pada tingkat S1 dan S2. Wakil Rektor II UMSU Suhrawardi K Lubis SH, SpN, MH selaku koordinator pelaksana kegiatan mengatakan, seminar antarbangsa ini aplikasi manajemen islam.
Tampil sebagai narasumber antara lain, Drs HME Pakpahan (dosen program magister manajemen UMSU), Prof Idrus (guru besar Universitas Brawijaya), Prof Dr Thamrin Abdullah MM MPd (guru besar Universitas Negeri Jakarta) dan Dr Zakaria (dosen USM). Sedangkan dari USM yakni Dr Sukaenah dan Prof Dr Muhammad Syukri Salleh.

Acara penandatanganan itu diwarnai penandatangan MoU pengelolaan wakaf tunai UMSU dengan Bank Muamalat Indonesia. Lingkup kerjasama UMSU dengan Bank Muamalat ini bertujuan dalam mengembangkan dan memajukan ekonomi syariah, mengembangkan dan memajukan gerakan wakaf tunai UMSU. Selain itu untuk mensosialisasikan dan mengembangkan perbankan syariah atas dasar saling membantu serta saling menghargai tanpa kepentingan masing-masing, melakukan penelitian pendidikan ekonomi syariah khususnya perbankan syariah dan  seminar, workshop dan pelatihan ekonomi syariah khususnya perbankan syariah.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.