Mantan Kapolda Sumatera Utara Komjen Pol Drs Oegroseno SH, boleh berbangga. Dari sekian banyak pemimpin kepolisian di kawasan ini, dialah pioner yang mampu mencitrakan kesatuan Polisi sebagai institusi positif pembela rakyat, yang lantas menggerakkan Yulhasni dan Arifin Saleh Siregar, untuk membuat buku biografi, dalam judul Pengabdian Polisi Tak Kenal Lelah, yang peluncuran bukunya terlaksana di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sabtu (21/05).

Ketua Pelaksana, Farid Wajdi SH MHum, dalam kata sambutannya mengatakan peluncuran buku tersebut, pembaca akan memperoleh sosok pemikiran Oegroseno yang dinilai banyak melakukan perubahan mendasar dalam usaha memperbaiki citra polisi di Indonesia.

Dijelaskan Dekan Fakultas Hukum UMSU itu, buku yang dicetak oleh penerbit CV Predana Jakarta tersebut berisi informasi-informasi penting dalam pemikiran sosok Oegroseno, yakni Polisi di mata masyarakat yang antara lain stigma Polisi yang sulit dihapus dan membumikan citra Polisi humanis.

“Merekam keberhasilan tokoh dalam buku memang agak terasa lain. Pertama, sosok yang ditulis tentulah harus memiliki kenangan tersendiri bagi warga. Kedua, pejabat yang dimaksud tentu saja tidak mempunyai track record negatif dalam aktifitas kesehariannya. Dan ketiga, satu sisi yang paling penting, pejabat tersebut harus memiliki gagasan yang baru dan orisinil,” ujarnya.

Dalam sambutannya, pria berkacamata ini mengatakan, tidak berlebihan rasanya jika kemudian sosok Irjen Pol Oegroseno diapresiasi lewat buku. Itulah yang terekam secara sederhana dari buku Yulhasni dan Arifin Saleh Siregar melalui hasil rekaman mereka  dalam buku Setebal 157 halaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.