Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan PDAM  Tirtanadi Sumut melakukan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan  pengembangan fasilitas laboratorium serta pengembangan ilmu pengetahuan yang  bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Penandatangan naskah kerjasama memorandum of understanding (MoU) itu  dilakukan Dirut PDAM Tirtanadi Ir Azzam Rizal MEng selaku pihak I dan Rektor UMSU  Drs Agussani MAP selaku pihak II di kampus utama UMSU Jl Muktar Basri Medan  disaksikan Wakil Rektor III H Arifin Gultom SH MHum, dekan, para kepala biro, Rabu  [15/6].

Rektor UMSU dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini merupakan penguatan  kelembagaan yang bermanfaat bagi mahasiswa, masyarakat dan PDAM Tirtanadi.  Terobosan kerjasama ini merupakan wujud nyata UMSU bukan hanya melakukan kerjasama  dengan lembaga pendidikan tapi juga dengan instansi pemerintah seperti perusahaan  air minum.

Hal ini merupakan kepercayaan yang diberikan PDAM Tirtanadi kepada UMSU,  sebagai mitra sangat diharapkan agar kerjasama ini tetap dikembangkan bukan hanya  di bidang penelitian (riset), tapi bagi mahasiswa bisa melakukan studi banding dan  disiplin ilmu lainnya dalam rangka peningkatan sumberdaya manusia (SDM).

Kita harapkan agar PDAM Tirtanadi dapat terus memberikan pelayanan prima  kepada masyarakat di kota Medan . Selain itu kita berharap UMSU dapat memberikan  kontribusinya mendukung program pelayanan air minum yang bersih kepada masyarakat,”  ujar rektornya.

Agussani pada kesempatan itu juga meminta agar PDAM Tirtanadi dapat  membangun depot air minum yang sehat sehingga dapat dinikmati mahasiswa di kampus  UMSU. Kerjasama ini diharapkan mampu memberikan peningkatan akreditasi dan  kompetensi penguatan SDM.

Dirut PDAM Azzam Rizal mengatakan, bangga dengan kerjasama yang dijalin  dengan UMSU dan sangat mengharapkan agar hasil-hasil penelitian dapat bermanfaat  dan untuk mengefektifkan biaya-biaya yang dibebankan oleh PDAM sebagai pelayanan  masyarakat (public service), masalah hukum, ekonomi, keteknikan dan lainnya.

Dijelaskannya, saat ini PDAM baru mampu memenuhi distribusi air sekitar 73  persen dari 300 ribu jumlah pelanggan penduduk perkotaan. Targetnya ditahun 2015  mendatang harus bisa melayani 80  persen warga kota Medan menikmati air bersih,  sehingga perlu menambah 100 ribuan pelanggan lagi.

Untuk itu pihaknya telah melakukan kerjasama dengan 3 perusahaan air  seperti di perusahaan air PPA Pulau Pinang Malaysia agar dapat mendistribusikan  sekitar 10 ribu-an liter air per detik di Sumut, mengingat pertumbuhan pelanggan  sangat pesat sehingga dibutuhkan pengadaan air minum yang lebih besar.

Sebelumnya Wakil Rektor III Arifin Gultom melaporkan, kerjasama ini  meliputi bidang penelitian, pelatihan (workshop) keteknikan, pengembangan  pendidikan keteknikan, perencanaan, pelaksanaan proyek penelitian, pemanfaatan  fasilitas laboratorium penelitian dan pelatihan serta kerjasama di bidang lainnya.  Kerjasama ini berlaku selama satu tahun dan akan dievaluasi kembali setelah jangka  waktunya berakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.