Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sumut siap menggelar Pekan Olahraga Mahasiswa Sumut (POMSU) mulai 4 hingga 9 Juni diMedan.

“Persiapan untuk pelaksanaan POMSU sudah matang. Insya Allah kami tinggal menunggu hari “H”, yang pembukaannya diharapkan dilakukan Plt Gubsu Gatot Pudjo Nugroho,” kata Ketua Umum Bapomi Sumut Drs Agus Sani MAP kepada wartawan, Jumat (1/7) di Kampus UMSU Jalan Kapten Muchtar Basri.

Agus Sani didampingi Sekum Bapomi Sumut Indra Budi Syahdewa dan Sekretaris Panpel POMSU Rahmat Kartolo Simanjuntak ST, Humas Drs Anwar Bakti dan Rahmat Sinaga lebih lanjut menjelaskan, POMSU akan diikuti 1389 atlet mahasiswa dari 58 perguruan tinggi negeri dan swasta di provinsi ini.

Jumlah ini meningkat dari pelaksanaan tahun lalu yang diikuti 700-an atlet dari 57 perguruan tinggi.

Peningkatan jumlah peserta hingga hampir seratus persen tentu sangat membahagiakan pihaknya.

Hal ini, tambah Agus Sani setidaknya mengisyaratkan, pemasalan olahraga di kalangan perguruan tinggi yang selama ini memang selaku dikomunikasikan Bapomi Sumut, mu lai menunjukkan hasil.

Pelaksanaan POMSU sendiri, tambah Agus Sani mempertandingkan sepuluh cabang olahraga, mengacu pada cabang yang akan dipertandingkan pada POMNAS 2011 di Batam Kepri September mendatang. “Dalam pelaksanaan ini kami tetap berkoordinasi dengan KONI Sumut, karena Bapomi adalah badan fungsionaris lembaga olahraga tersebut. Dan kami tentunya mengikutsertakan Pengprov cabang olahraga dalam penanganan pertandingan nanti,” jelasnya.

Kesepuluh cabang dimaksud yakni atletik digelar di Stadion Atletik Unimed (7-9 Juli), bolabasket (Perguruan Sutomo 4-9 Juli), Bola Voli Gelanggang Remaja (6-8 Juli), Bulutangkis (GOR Shamrock 5-7 Juli), Catur (STMIK Mikroskil 5-7 Juli), Futsal (De Futsal Jalan Suka Aman 6-7 Juli), Karate (Polmed 5-6 Juli), Pencaksilat (Pendopo Pancasila USU 5-8 Juli), Renang Kolam Renang Selayang (7-8 Juli) dan Sepaktakraw (Unimed 6-8 Juli).

Agussani yang juga Rektor UMSU lebih lanjut menjelaskan, POMSU juga dimaksudkan sebagai media penjaringan atlet-atlet mahasiswa Sumut persiapan menghadapi Pomnas, sekaligus media silaturahmi sesama mahasiswa di provinsi ini.

Prestasi mahasiswa Sumut pada Pomnas di Palembang 2010 menduduki posisi keenam dan merupakan terbaik di luar Pulau Jawa.

Pada Pomnas mendatang, sebut Agussani, diharapkan prestasi dapat dipertahankan atau bahkan lebih meningkat dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Kami mengharapkan seluruh peserta maupun para pimpinan perguruan dan sekolah tinggi di Sumut hadir pada acara pembukaan nanti,” katanya. (mp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.