Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggelar donor darah yang dirangkai dengan kegiatan pameran foto serta pemutaran film karya mahasiswa.

Lewat kegiatan donor darah ini kami berharap bisa membantu sesama sekaligus menyalurkan kreatifitas mahasiswa lewat pameran foto dan pemutaran film karya mahasiswa, kata Ketua Panitia, Artian Syahwiar di Medan, Selasa.

Menurut dia, ada puluhan mahasiswa yang ikut mendaftar sebagai peserta donor darah. Namun hanya 14 peserta yang akhirnya memenuhi syarat untuk diambil darahnya.

“Banyak mahasiswa yang mendaftar ikut donor darah, tapi tidak semua memenuhi syarat untuk diambil darahnya karena ada yang kurang berat badan, lagi pilek dan lainnya,” katanya.

Dijelaskan dia, pihaknya sengaja mengemas kegiatan sosial tersebut dengan pameran foto bertema kemanusiaan serta pemutaran film. Hal ini untuk menunjukkan bahwa mahasiswa juga punya kepedulian sosial disamping terus mengasah kemampuan dan ketrampilan di kampus.

Kegiatan itu sendiri katanya merupakan kerja sama mahasiswa pecinta fotografi yang tergabung dalam FOKUS dengan Laboratorium Sosial Politik dan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) serta PT Jasa Raharja.

Ketua Laboratorium Sosial Politik dan Komunikasi UMSU, Drs M Yusri Isfa, MSi mengatakan, bangga dengan apa yang dilakukan mahasiswa karena memadukan kegiatan sosial sekaligus menunjukkan kreatifitasnya lewat karya foto dan film.

“Apa yang dilakukan mahasiswa menunjukkan tingginya rasa kepedulian sosial yang diimbangi dengan kemampuan dan ketrampilan sebagai bekal dalam dunia kerja,” katanya.

Laboratorium Sosial Politik dan Komunikasi UMSU sendiri jelasnya, akan terus berupaya mendorong mahasiswa untuk mengasah ketrampilan lewat berbagai kegiatan dengan dukungan peralatan yang cukup memadai. “Saya berharap ke depan kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan,” katanya.

Sementara Kepala Cabang Jasa Raharja Sumatera Utara, Sukono mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan mahasiswa sebagai bagian program bina lingkungan. Diharapkan kerjasama yang dilakukan dengan UMSU dapat terus berlanjut karena berdampak positif bagi masyarakat.

Acara donor darah mahasiswa yang dirangkai pameran foto dan pemutaran film dibuka Wakil Rektor III UMSU Muhammad Arifin SH MHum. Menurut dia kegiatan mahasiswa tersebut adalah bentuk kreatifitas yang didukung dengan karakter.

“Donor darah adalah kegiatan sosial dan dari foto-foto yang ditampilkan memiliki pesan yang sangat kuat tentang rasa kemanusian karena menggambarkan realitas masyarakat dan lingkungan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.