Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Drs. Agussani, M.AP bertempat di Kampus Utama UMSU Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan, Selasa (12/07) siang kepada wartawan mengutarakan bahwa untuk Tahun Akademik (TA) 2011/2012 ini, UMSU mengurangi mahasiswa baru yang diterima yakni hanya sebanyak 5.300 orang, tidak seperti TA 2010/2011 kemarin UMSU menerima sebanyak 5.600 orang.

Menurutnya hal ini dikarenakan bangku yang tersedia untuk mahasiswa baru hanya 5.300. Oleh sebab itu terkait dengan pembatasan ini maka untuk TA 2011/2012 ini UMSU melakukan seleksi yang ketat dalam penerimaan mahasiswa baru.

“Seleksi yang ketat ini dimaksudkan agar mahasiswa baru yang diterima UMSU benar-benar merupakan orang-orang pilihan yang tidak lagi diragukan kompetensinya sebagai mahasiswa, sebut Agussani.

Sementara itu di waktu yang berbeda, Kahumas UMSU Anwar Bakti kepada wartawan menyampaikan bahwa UMSU akan menyelenggarakan test ujian masuk untuk calon mahasiswa baru pendaftaran Gelombang I (periode pendaftaran 14 Maret s/d 16 Juli 2011). Pelaksanaan test tersebut direncanakan pada Senin (18/07) dimulai jam 08.00 s/d 11.00 WIB bertempat di Kampus Utama UMSU Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan yang akan diikuti sekitar 2.500 orang.

Lanjut Anwar, materi test ujian masuk untuk seleksi calon mahasiswa baru UMSU menggunakan pola Test Potensi Akademik (TPA) meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika & penalaran dan kemampuan spasial. Sedangkan hasil ujian diumumkan Selasa (19/07) sore dan bagi calon mahasiswa baru yang lulus test ujian masuk Gelombang I tersebut harus melakukan registrasi (pendaftaran) ulang mulai tanggal 19/7 s/d 30/07-2011.

Ditambahkan, persyaratan pendaftaran ulang yakni menunjukkan kartu peserta ujian, mengisi formulir registrasi ulang yang disediakan panitia, melampirkan fotocopy Ijazah & Transkrip nilai yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sebanyak 3 lembar, menyiapkan materai Rp. 6.000,- sebanyak 1 lembar, wajib menjalani test urine/narkoba di Poliklinik UMSU, membayar uang SPP minimal Tahap I, uang DPP dan uang SKS. Bagi mahasiswa pindahan dilengkapi dengan Surat Keterangan Pindah & Transkrip Nilai dari PTS asal sebanyak rangkap 3 (tiga).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.