Batam – Kontingen Bapomi Sumut memastikan diri menempati posisi tiga besar pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XII/2011 di Batam yang akan berakhir Sabtu (24/9).

Bapomi Sumut memastikan diri menempati posisi tiga besar setelah pada laga hari keenam, Jumat (23/9), duta-duta olahraga mahasiswa Sumut berhasil menambah empat medali emas, sehingga total medali diperoleh yakni 10 emas, 8 perak dan 13 perunggu.

Sementara itu, DKI Jakarta dipastikan tampil sebagai juara umum dengan merebut 29 emas, 19 perak dan 20 perunggu. Posisi kedua ditempati Jawa Tengah dengan 15 emas, 16 perak dan 12 perunggu.

Medali emas tersebut masih bisa bertambah karena pada Sabtu (24/9) pagi ini masih menyisakan dua pertandingan final bola voli putra antara DKI Jakarta vs Jateng dan putri antara DKI Jakarta vs Banten.

Sumutpun masih berpeluang menambah medali perunggu dari cabang bola voli putra dan putri yang melakoni perebutan tempat ketiga di laga hari terakhir ini.

Peringkat Naik

Hasil yang diraih Sumut di Pomnas Batam disambut gembira penuh syukur, sebab terjadi lonjakan peringkat yang cukup signifikan, dari urutan enam ke posisi ketiga.

“Alhamdulillah, ini semua berkat kerja keras dan semangat tak kenal menyerah seluruh atlet dan anggota kontingen. Hasil ini tentunya juga tak lepas dari doa seluruh masyarakat Sumatera Utara,” kata Ketua Umum Bapomi Sumut Drs Agussani MAP kepada Analisa.

“Terimakasih kami untuk seluruh atlet. Perjuangan mereka sangat membanggakan. Kami juga berterimakasih kepada Pemprovsu, KONI Sumut dan seluruh perguruan tinggi serta masyarakat atas dukungan yang diberikan selama ini,” ujarnya.

Agussani membenarkan sebelunya mereka hanya menargetkan posisi keenam, seperti Pomnas dua tahun sebelumnya. Namun tekad dan kemauan yang besar dari seluruh kontingen, membuktikan Bapomi Sumut bukan hanya hadir untuk menjalin silaturahmi, tapi juga menorehkan prestasi.

“Kami memberikan apresiasi kepada perguruan tinggi yang berpartisipasi pada Pomnas ini. Hal ini merupakan kerja keras kita semua. Walaupun kita berangkat dengan dana yang minim,,” ulang Sekretaris Bapomi Budi Indra Syahdewa.

Empat emas Sumut Jumat kemarin diperoleh melalui karate yang menyumbang dua emas dari kategori kumite beregu putra dan putri dan pencak silat.

Pada nomor kumite putra Sumut diperkuat Maruli Butar-butar (Al Azhar), Jamin Mandela (STIE Bina Karya), M Helza Akbar, Dedy, Irwansyah dan Devanto (keempatnya dari UMSU).

Kemudian kumite putri diperkuat Srunita Sari (Unimed), Sumiati (Al Azhar), Haimah (UDA), Indah Mogia Angkat dan Yulis Putri (UMSU).

Tim manajer karate putra Jhony Hasman Sigar MT didampingi pelatih Drs Seh Ukur Parangin-angin dan ofisial Ir HM Ridwan mengatakan, pihaknya gembira tim karatenya merebut tiga emas pada Pomnas tahun ini.

Sementara itu, dua emas pencak silat silat disumbangkan Zumidar (kelas 65-70kg) dan Dinda Ayu (kelas 60-65kg).

Sedangkan tambahan satu perak Bapomi Sumut diperoleh melalui cabang basket putra setelah di final mengakui keunggulan DKI Jakarta dengan skor 67-82.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.