Menteri Kordinator Perekonomian Ir. Hatta Rajasa mengatakan, Indonesia memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadikan negeri in sebagai salah satu Negara kuat di dunia . Indikasi kearah itu ditandai dengan tingkat pertumbuhan ekonomi nasional maupun daerah yang cendrung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal itu diungkapkan Hatta Rajasa dalam ceramahnya dihadapan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Medan Senin (26/9).

Dalam ceramah yang bertajuk Master Plan Pembangunan Ekanomi Nasional, Ketua Umum DPP-PAN itu merinci indikataor yang terjadi saat ini antara lain pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai angka 6,5 persen ; begitu juga dengan pertumbuhan ekonomi daerah yang mengalami peningkatan cukup signifikan. la optimis dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup bergairah itu,Indonesia akan semakin diakui peranannya secara global .

Prediksi ini kata Hatta Rajasa, juga sejalan dengan riset yang dilakukan oleh berbagai Lembaga Riset di tanah air yang selalu menempatkan Indonesia sebagai Negara yang memiliki peluang menjadi Machan Dunia. Menurutnya, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang gemilang dan mendapat pengakuan dunia, pihak Kementrian Ekonomi telah mendisain beberapa strategi jitu diantaranya dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur, mempercepat kemampuan SDM dan Iptek serta meningkatkan upaya pemberantasan korupsi . Ia yakin dengan dukungan dana 4 ribu trilyun rupiah, yang dikerahkan lewat APBN, BUMN dan Swasta, target master plan ekonomi ini harus sudah selesai. Jika ini tercapai katanya, koridor Sumatera nantinya akan memperoleh kue pembangunan berupa infrastruktur penting seperti jalan toll dan fasilitas penunjang lainnya.

Oleh sebab itu ia mendorong lembaga Pendidikan tinggi khususnya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dapat mengambil peran untuk membangun kualitas SDM yang memiliki kemampuan inovatif dan interpreneurship.

Menteri juga menawarkan kerjasama pihaknya dengan UMSU untuk membangun kewirausahaan sehingga terbangun sosok sarjana yang mampu melahirkan lapangan kerja. Meski kerjasama itu belum terealisasi, Menteri Hatta Rajasa dengan sukacita memberi bantuan 100 juta rupiah kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Reshuffle pasti terjadi

Diakhir ceramahnya yang juga dihadiri Walikota Medan Rahudman Harahap dan sejumlah anggota DPR RI, Menko Hatta Rajasa juga menyinggung issu reshufel yang akhir-akhir ini menjadi berita hangat di berbagai media. “Reshufel pasti terjadi” katanya meyakinkan, tanpa menyebut nama Menteri yang akan terkena reshufel. Mudah-mudahan saja ada figure dari Sumatera Utara yang akan mendapat posisi terhormat dalam resufel yang sepenuhnya menjadi hak preogatif Presiden itu, tegas Menko seraya mengakhiri ceramahnya. (M. Radio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.