E-learning adalah istilah yang digunakan untuk sistem pembelajaran yang ditunjang dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), diperluas dengan memasukkan komputer, perangkat mobile seperti seluler, PDA, dan mp3 player. Pembelajaran elektronik ini juga memasukkan unsur-unsur penggunaan bahan pembelajaran berbasis web, hypermedia dalam blog, wiki, chat, ujian berbasis komputer, animasi, simulasi, permainan, learning management software, electronic voting system, survey, dengan kombinasi beragam metode yang digunakan.

Guna meningkatkan kwalitas pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan mengadakan pelatihan E-Learning selama 2 hari mulai dari 23-24 Desember 2011 di Aula FK UMSU.

Peserta pelatihan berasal dari para tenaga dosen di lingkungan Fakultas Kedokteran UMSU dan juga dari beberapa Fakultas Kedokteran Muhammadiyah se Indonesia serta Fakultas Kedokteran yang ada di Sumateera Utara yang berjumlah lebih kurang 60 orang peserta ungkap Dekan FK UMSU dr. Ade Taufiq Sp.OG di ruang kerjanya (21/12).

Pengembangan e-Learning sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran konvensional serta menyiapkan media media untuk menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel, mudah untuk diakses darimana saja dan kapan saja. Dengan sistem e-learning, diharapkan dosen  dapat mengikuti kelas serta ikut ujian dari tempat bekerja atau tempat tinggalnya. Selain itu dengan media digital, bahan ajar e-learning dapat lebih diperkaya dengan menyediakan paduan teks, video dan audio, yang dilengkapi dengan simulasi dan animasi ujar Ade Taufiq.

Para tenaga pengajar Pelatihan ini berasal dari Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Manusia dan Organisasi Institut Teknologi Bandung (UPT PMO ITB). (AA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.