Di usia 35 tahun bagi sebuah fakultas merupakan usia dewasa yang harus disikapi dengan menjawab perkembangan zaman.

“Hari ini merupakan momentum bagi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menunjukkan jati dirinya tetap eksis di dunia pendidikan, khususnya di bidang pertanian selama 35 tahun,” kata Rektor UMSU, Drs Agussani MAP usai melepas jalan santai antara alumni dan keluarga besar FP UMSU, baru-baru ini.

Rektor menyatakan UMSU memberi apresiasi luar biasa pada FP UMSU yang telah benyak berkiprah dalam rangka mencetak kader-kader bangsa melalui alumninya sejak 35 tahun lalu.

Menurutnya, usia 35 tahun tentu sebuah kekuatan, namun tak boleh berbangga saja yang penting disikapi bagaimana menatap ke depan dalam menghadapi tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat.

Dia menegaskan tantangan itu bisa dijawab FP UMSU dengan menjalankan program jangka panjang dan menengah, antara lain membenahi fakultas tersebut di segala bidang dalam proses pembelajaran, pelatihan, fasilitas laboratorium dan kreatifitas mahasiswa.

Sementara Dekan FP UMSU Ir Alridiwirsyah MM berharap peringatan Dies Natalis ini dapat dimanfaatkan para alumni sebagai ajang silaturahim.

Soal prestasi dicetak FP UMSU, Alridiwirsah menyebutkan dalam bidang enterpreneurship pada Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2011 mahasiswa Pertanian UMSU mampu menyabet juara Regional Sumatera karena mampu membuat Minuman Sehat “Bubuk Kopi Tanpa Kopi” serta di tahun 2012 ini mahasiswanya juga telah membuat Keripik Durian.

“Dari hasil-hasil pengolahan sumber-sumber pertanian yang dilakukan oleh para mahasiswa kita menjadi bukti kalau Fakultas Pertanian UMSU mampu melahirkan mahasiswa ataupun alumni yang berkompeten,” katanya seraya menyebutkan FP UMSU telah melahirkan 2300 alumni.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ir M Mudjahid Arasy MM didampingi Sekretaris Panitia Muhammad Thamrin SP MSi mengatakan rangkaian kegiatan Dies Natalis 35 Tahun Fakultas Pertanian ini diisi Faperta CUP mempertandingkan Bola Volley, Futsal dan Tenis Meja (12-19/3), Seminar Stadium General dengan menghadirkan Pembicara dari Konjen Jepang Yuji HAMADA (19/3), Jalan Santai dan Lucky Draw (23/3), Bazar (23-24/3), Donor Darah (24/3), Mubes IAFTA (24/3), Go Green Menanam Pohon di Kabupaten Pakpak Bharat (April 2012) dan ditutup dengan Malam Keakraban (24/3).

Mudjahid Arasy mengakui Dies Natalis ini baru pertama dilaksanakan oleh Fakultas Pertanian UMSU, meskipun programnya sudah ada pada tahun 2007 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.