Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Drs Agussani MAP mewisuda 898 pascasarjana, sarjana dan ahli madya periode I Tahun 2012 di Selecta Convention Hall Jln Listrik Medan, Sabtu (5/5).

Turut hadir dalam acara wisuda itu,  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut, Prof Dr Asmuni,  pejebat  Kopertis Wilayah I Aceh-Sumut, Kopertais Wilayah-IX  Sumut, dan undangan serta para orantua wisudawan/i .

Rektor UMSU mengatakan atas doa dan dukungan dari semua pihak, serta kerja keras seluruh civitas akademik UMSU, Alhamdulillah kepercayaan masyarakat dan pemerintah  semakin baik dan terus meningkat.

“ Statistik penerimaan mahasiswa baru pada tahun akademik 2011/2012 menunjukkan angka signifikan sebanyak 6.500 orang menjatuhkan pilihannya ke UMSU,” bebernya.
Jumlah ini, menurut Agussani, meningkat dibanding penerimaan pada tahun-tahun sebelumnya. Ini menjadi tantangan bagi UMSU dalam mengelola proses belajar mengajar dengan total mahasiswa dewasa ini seluruhnya melebihi 20.000 orang.

Dengan jumlah mahasiswa yang dikelola tersebut, UMSU turut mendukung program Pendidikan Tinggi dalam mendorong Angka Partisipasi Kasar (APK) dari 18,36% menjadi 25%, yang artinya keterlibatan UMSU dalam meningkatkan mutu  mahasiswa agar SDM Indonesia memenuhi kebutuhan global.

“Capaian ini  sebagai upaya mendukung daya saing bangsa melalui peningkatan kualitas pendidikan tinggi dengan berbagai inisiatif dan program,” katanya.
Guna peningkatan kualitas di internal UMSU, kata Agussani, para dosen didorong mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi serta kompetensi pendidikan ke jenjang S2 dan S3 sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005.

Dengan demikian, lanjut Agussani, proses belajar mengajar, berjalan dalam koridor penjaminan mutu pendidikan yang bermuara kepada lulusan UMSU yang unggul, cerdas, dan terpercaya dengan kompetensi: keislaman, keilmuan, kebangsaan, kebahasaan dan keterampilan. “Proses belajar mengajar dikelola sesuai standarisasi pendidikan nasional,” tegasnya.

Dia menegaskan UMSU berupaya menjawab keinginan Pendidikan Nasional dalam membentuk karakter bangsa dan peradaban bangsa bermartabat  serta mengembangkan potensi diri peserta didik menjadi manusia  beriman dan
bertaqwa kepada Allah , berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Selain mengikuti kegiatan proses belajar-mengajar secara rutin, sambungya,  mahasiswa UMSU juga menoreh berbagai prestasi pada bidang olah raga, seni budaya dan karya ilmiah tidak hanya pata tingkat local namun juga pada tingkat nasional maupun internasional, antara lain, di kejuaran Sea Games, mahasiswa UMSU, Basuki Nugroho (taekwondo), Jintar Simanjuntak (karate) dan Indra Gunawan (renang) masing-masing memperoleh medali emas.

Begitu juga, dalam kegiatan The 13th  Indonesia Malaysia Thailand Growth Treangle (IMT-GT) Carnival 2011, tim sepakbola UMSU dan tim Bulutangkis putera menoreh prestasi emas. Dalam lomba debat bahasa Inggris  tingkat wilayah Sumut & Aceh diikuti PTN & PTS, mahasiswa UMSU berhasil keluar sebagai juara pertama dan berhak mengikuti lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Bali,Juli 2012.

Begitu juga, prestasi para dosen UMSU cukup membanggakan, seperti dalam bidang penelitian. UMSU masuk dalam katagori claster madya, yang artinya UMSU mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk melakukan penelitian dengan pendanaan Dikti.

Kedepan, katanya, mereka bekerja keras mewujudkan UMSU  mampu berdiri sejajar dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta unggulandi Indonesia.

Mengingat dewasa ini, lanjutnya, dunia  dipengaruhi  perkembangan industri  dan ekonomi kreatif,  maka UMSU dalam melahirkan sumber daya manusia kreatif dan inovatif dengan meracik kurikulum yang bermuara pada lahirnya alumni-alumni cakap dan handal.

Agussani berharap para lulusan yang diwisuda mampu melaksanakan aplikasi keilmuan yang dimiliki masing-masing untuk menghadapi dinamika persaingan serta tidak bergantung untuk mencari pekerjaan semata-mata, sebaliknya dapat menciptakan lapangan pekerjaan. ”Sampai saat ini  UMSU telah melepas 30.543 alumninya, telah bersaing dan berkompetisi serta mewarnai kehidupan masyarakat dan dunia profesi,” ujarnya.(aje)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.