Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Drs Agussani MAP, Senin (2/7) melepas sebanyak 1.311 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSU untuk melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL) di bebagai daerah di Sumut.

Pelepasan yang digelar di kampus utama UMSU Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan itu, dihadiri Wakil Rektor I UMSU Dr Muhyarsyah SE MSi, Wakil Rektor II Ahmad Sinaga SSos MM, Dekan FKIP UMSU Dra Hj Nur’ain Lubis MAP, Wakil Dekan I Elfrianto Nasution SPd MPd, Wakil Dekan III Habib Syukri Nasution SPd MPd, para ketua dan sekretaris program studi serta dosen pamong (pembimbing).

Agussani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan PPL FKIP UMSU bertujuan untuk meningkatkan kualitas calon guru yang akan dihasilkan UMSU sebagai lembaga pendidik dan tenaga kependidikan (LPTK). Dengan demikian, lulusan FKIP UMSU setidaknya dibekali empat kompetensi, yakni paedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

Dia juga mengatakan, PPL harus berdampak positif bagi peserta PPL dan masyarakat, sehingga kegiatan ini tidak sekadar rutinitas.

Rektor mengingatkan pimpinan FKIP UMSU untuk terus mencari dan menyusun model PPL yang komprehensif dan jangan sampai kegiatan ini bersifat monoton. Artinya, para calon guru yang diterjunkan ke sekolah harus siap menjadi guru teladan di masyarakat.

“Kita juga mengharapkan guru pamong (pembimbing) hendaknya bisa memberikan masukan kepada universitas sebagai umpan balik dari kegiatan PPL yang dilakukan di lapangan,” harapnya.
Sementara itu, Dekan FKIP UMSU Nur’ain Lubis mengatakan, kegiatan PPL ini dilaksanakan selama 3-4 bulan di Kota Medan, Langkat, Binjai, dan Deli Serdang.

Sebanyak 1.311 mahasiswa PPL akan ditempatkan di 101 lokasi sekolah mitra SMA, MA, SMP, dan MTs. Peserta berasal dari enam program studi, pendidikan bahasa Inggris, bahasa Indonesia, matematika, pancasila dan kewarganegaraan (PPKn), akuntansi, dan bimbingan konseling.

“PPL ini merupakan penerapan teori mendidik dan mengajar dengan empat kompetensi. Kepada mahasiswa diminta tetap menjaga nama baik almamater UMSU dan harus mampu menggali dan memiliki nilai plus agar menjadi calon pendidik yang profesional seperti yang telah digariskan dalam UU guru dan dosen,” ujarnya.

Dekan juga mengingatkan mahasiswa agar tidak menganggap sepele PPL. Karena kegiatan ini merupakan tempat menerapkan empat kompetensi calon guru yang dihasilkan FKIP UMSU.

“Untuk itu, mahasiswa peserta PPL harus memiliki disiplin dalam tugas pembelajarannya kepada siswa di kelas, harus menjalin komunikasi dan sosialisasi dengan lingkungan sekolahnya seperti kepada guru pamong, kepala sekolah, dan siswa sendiri, serta harus menunjukkan kepribadian yang baik,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.