Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengirimkan 48 atlet mahasiswa untuk mengikuti Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival ke-14 di Politeknik Perlis, Malaysia, 30 November-4 Desember 2012.

“Kami mengirimkan 48 atlet, 10 official dan dua pelatih, untuk beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, bulu tangkis putra dan bola voli putri serta lomba seni dan budaya,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Drs Agussani M.AP di Medan Rabu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut bukan hanya untuk mengejar prestasi semata, namun yang utama adalah terjalinnya silaturahim antara warga negara-negara serumpun Indonesia, Malaysia, Thailand.

IMT-GT Varsity Carnival diharapkan juga mampu memikat sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif. Kegiatan itu juga memiliki nilai dalam memperkokoh persatuan bangsa-bangsa anggota IMT-GT yakni Thailand, Indonesia dan Malaysia.

“Kegiatan ini ini memiliki nilai strategis, tidak semata hanya mencari kemenangan, namun mampu meningkatkan semangat olahraga dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Ini bisa diraih lewat olahraga di tengah perkembangan dunia yang semakin dinamis,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan IMT-GT sangat penting artinya terutama bagi dosen dan mahasiswa, sebagai komitmen profesi dan kreatifitas ditengah kehidupan masyarakat yang plural.

Karena selain pertandingan olahraga, kegiatan ini juga akan diisi dengan berbagai pagelaran budaya dari ketiga negara, seminar, workshop dan pengabdian masyarakat.

“Dosen dan mahasiswa secara kolektif menghadirkan karya terbaiknya dalam acara ini. Hal lain yang penting dalam penyajian karya mahasiswa dapat dijadikan motivator dalam menuntut kompetensi ketrampilan dan kreativitas,” katanya.

Pelaksanaan IMT-GT ini, lanjut dia bernilai penting dan strategis bagi pemerintah Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Kegiatan tersebut juga sekaligus memperkokoh hubungan bilateral melalui perguruan tinggi Indonesia dengan negara tetangga.

“Sejak dikukuhkannya kerja sama IMT-GT pada pertemuan tingkat menteri di Langkawi Malaysia, 20 Juli 1993. IMT-GT telah banyak memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di daerah perbatasan,” katanya.

Ketua Kontingen yang juga Wakil Rektor III UMSU, Muhammad Arifin mengatakan kegiatan IMT-GT Varsity Carninal 2012 dilaksanakan 30 November sampai 4 Desember 2012 di Perlis Malaysia.

Dalam IMT-GT ke-14 ini,UMSU mengirimkan 48 atlet, 10 official dan 2 pelatih, dengan mengikuti 3 cabang olahraga diantaranya sepakbola (juara bertahan), bulutangkis putra (juara bertahan), dan bola voli putri (runner up) serta lomba seni dan budaya.

“Ini kontingen terbesar yang pernah kita kirim selama berlangsungnya IMT-GT, kita harapkan dapat meraih prestasi lebih baik dari IMT-GT sebelumnya. Kepada para peserta kami ingatkan selama berlangsungnya IMT-GT di Perlis Malaysia, dapat menjaga nama baik almamater dengan tidak melakukan tindakan yang negatif,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.