Medan, (UMSU)- UMSU untuk ketiga kalinya menerima calon mahasiswa pada jalur program bidikmisi  untuk Tahun 2014 dengan kuota sebanyak 100 calon mahasiswa.

“Untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini pembukaannya akan dimulai bulan April 2014 dan pelaksanaan ujian gelombang pertama masuk akan dilaksanakan 14 Juni 2014,” ungkap Wakil Rektor I, Dr Muhyarsyah, SE, MSi kepada wartawan, Jumat (25/4) di Kampus UMSU Jalan Muktar Basri, Medan.

Dikatakannya, sejak dibukanya jalur program Bidikmisi UMSU, para calon mahasiswa yang mendaftarkan diharapkan dapat memenuhi kuota yang telah ditetapkan. Ia mengungkapkan, bagi calon mahasiswa yang diterima masuk melalui jalur program bidikmisi ini adalah mereka (pelajar-red) yang memiliki ranking pada sekolahnya masing-masing.

Pada umumnya yang diterima di UMSU ini berasal dari golongan kurang mampu yang dari segi ekonominya sama sekali tidak memadai untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Program jalur Bidikmisi ini sudah menjadi prioritas utama pasca diluncurkan oleh Kemendikbud melalui Dirjen Dikti.

Untuk itu, kata Muhyarsyah, diminta kepada setiap sekolah selalu bersifat objektif dan tidak melakukan praktek kecurangan, karena ini akan merugikan sekolah bersangkutan tersebut terutama dalam memberikan form lembaran biodata yang bersangkutan.

Sementara, lanjutnya, untuk memastikan apakah calon mahasiswa itu memang miskin maka pihaknya akan melakukan crosscheck langsung ke lokasi kediaman siswa tersebut. “Ini lebih efektif. Sedangkan fasilitas yang akan diberikan kepada mahasiswa program jalur bidikmisi itu adalah mereka sama sekali digratiskan uang kuliahnya dan mendapatkan uang saku Rp 600 ribu,” katanya.

Dia juga mengatakan, para siswa yang diterima masuk UMSU menjadi mahasiswa ditargetkan tepat waktu untuk menyelesaikan studinya yakni, selama delapan semester dan apabila yang bersangkutan tidak mampu menyelesaikan maka mereka tidak lagi dibebaskan uang kuliahnya.

“Mereka yang menyelesaikan studinya tidak sesuai target yang telah ditentukan dengan demikian uang kuliahnya harus ditanggung sendiri oleh yang bersangkutan,” katanya seraya menyatakan pihaknya selalu menyarankan mahasiswa itu selalu menyelesaikan studinya sesuai target.

Muhyarsyah berharap, calon mahasiswa yang mengambil jalur Bidikmisi, hendaknya mampu meraih IP rata-rata 3,00. Jika tidak maka yang bersangkutan akan dipanggil dan disarankan untuk rajin belajar.(zahendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.