Medan, 5/5 (UMSU)- Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjalin kerjasama dengan University Sains Malaysia (USM), di Hotel Madani Medan, Senin (5/5).

Penandatanganan kerjasama dilakukan, Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP dan Naib Concelor USM, Prof Dato’ Omar Osman dalam acara seminar “International Conference on Islamic Development”.

Kerjasama mencakup berbagai bidang. Antara lain, pertukaran pelajar/mahasiswa, dosen, dan staf akademik, serta melaksanakan penelitian bersama-sama.

Selain itu kerja sama juga dilakukan dalam hal publikasi ilmiah, informasi dan kegiatan akademik lainnya. Beberapa poin lainnya yang disetujui dalam kerangka Memorandum of Understanding (MoU) ini adalah melaksanakan kegiatan dan program pada bidang-bidang lainnya yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Serta saling mengundang satu sama lainnya pada kegiatan diskusi dan conference ilmiah, dan saling mendukung dalam membantu kegiatan pengembangan riset centre dan seminar internasional bersama.

Selain itu, disepakati program pelaksanaan seminar internasional secara bersama. Seperti, workshop bertema ‘Transforming Halal Lifestyle’ yang dilakukan hari ini. “Penyelenggaraan seminar international secara bersama setiap tahun harus selalu ada. Tujuanya meningkatkan kapasitas dan kemampuan dosen kita di berbagai bidang ilmu,” harapnya.

Agussani mengungkapan, kerjasama ini merupakan bagian dari perjalanan UMSU menuju sebuah universitas unggulan baik secara nasional, maupun internasional. “Dari kedua bidang itu, akan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, seperti pertukaran staf, penelitian mahasiswa, dan seminar, dan kegiatan lainnya yang dapat saling menguntungkan bagi masing-masing lembaga”, ungkapnya.

Sangat Senang

Sementara itu, Naib Concelor/Rektor USM, Prof Dato’ Omar Osman menyambut kerjasama itu.”Saya sangat senang bisa bekerjasama dengan UMSU.Semoga kedua lembaga ini dapat bersinergi dengan baik, maka kerjasama akan lebih baik lagi,” ucapnya.

Prof Dato’ Omar Osman berharap, semoga di hari kemudian akan ada mahasiswa atau dosen dari UMSUyang dapat melanjutkan studinya di USM dan begitu sebaliknya.

“Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada Agussani yang kembali dipercaya menjabat rektor kedua kalinya,” katanya. Acara diisi dengan pemberian cendera mata masing masing rektor dan peluncuran buku karya sejumlah dosen dari berbagai universitas Indonesia dan Malaysia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.