Medan (UMSU): UMSU menggelar Workshop Antar Bangsa Pembangunan Berteraskan Islam  sebagai rangkaian kegiatan International Workshop on Islamic Development (the 7th WAPI) tahun 2014 di Medan.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama UMSU dengan The Centre for Islamic Development Management Studies Universiti Sains Malaysia (ISDEVUSM).

Rektor Dr Agussani M.AP ketika membuka acara di aula kampus UMSU mengharapkan melalui kegiatan ini akan terlahir ide dan gagasan serta pembaharuan konsep pembangunan yang berasaskan islam terkini. Tujuannya diadakannya kegiatan workshop ini khususnya bagi dosen UMSU akan meningkatkan kapasitas dan kemampuan staf pengajar di berbagai bidang ilmu. “UMSU selalu berusaha mengembangkan kualitasnya bagi mahasiswa ataupun dosennya,” ujarnya.

Sementara itu, Naib Concelor/Rektor USM, Prof Dato’ Omar Osman menyambut baik diselenggarakannya worshop antar bangsa pembangunan berteraskan islam, sehingga diharapkan hubungan kedua perguruan tinggi ini dapat terjalin lebih baik lagi kedepannya.

Prof Dato’ Omar Osman mengatakan, keadaan dunia saat ini didominasi ilmu-ilmu sekuler. Kadangkala ilmu pembangunan yang berteraskan Islam ini, seperti juga dalam kasus ilmu-ilmu lain, secara sadar atau tidak nampaknya bercampur aduk dengan ilmu-ilmu bukan-Islam.

Sedangkan Ketua Panitia Dr Muhyarsyah MM menambahkan, Ilmu pembangunan Islam tentunya perlu dikaitkan dengan ilmu-ilmu lain dan perlu pengkajian dari berbagai bidang keilmuan dan perspektif dengan Islam sebagai landasannya.
Muhyarsyah mengatakan UMSU senantiasa akan tetap melaksanakan International Workshop on Islamic Development dan International Conference on Islamic Development di tahun mendatang. Workshop tersebut dilaksanakan dalam dua sesi dengan narasumber baik dari pakar keislaman Pusat Kajian Pembangunan Berteraskan Islam USM Malaysia dan para dosen UMSU.

Kegiatan WAPI dan ICID yang telah dilaksanakan sejak 2009 lalu merupakan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di negara serumpun untuk menggali, mengembangkan dan mensosialisasikan konsep-konsep pembangunan berlandaskan nilai islam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.