Medan, 2/6 (UMSU)- Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Swasta Indonesia,  Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc memuji kepedulian Universitas Muhammadiyah Sumut (UMSU) dalam menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi kepada UMSU yang peduli pada persoalan-persoalan di masyarakat antara lain pada pananganan korban bencana Sinabung, baik dalam memberikan bantuan fisik maupun aktifitas-aktifitas pendampingan korban,” katanya saat memimpin Apel pagi di Kampus UMSU, Medan, Senin.

Menurut dia, sudah seharusnya universitas terlibat dan peduli dengan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat. Hal ini untuk menjawab kritik kepada perguruan tinggi yang terjebak pada hanya masalah pendidikan.

“Perguruan tinggi jangan cuma mengurusi pendidikan, borang akreditasi dan pengajaran, tapi harus mau terlibat dalam persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Prof Edy juga mengingatkan UMSU untuk tidak terlena dengan prestasi yang telah dicapai saat ini. UMSU harus sudah memikirkan bagaimana capaian saat ini bisa lebih dikembangkan di masa depan.

Menurut dia, prestasi saat ini bukan jaminan untuk bisa bertahan di masa depan dengan tingkat persaingan perguruan tinggi yang semakin ketat. Banyak contoh, perguruan tinggi yang berdiri cukup lama dan besar, tapi saat ini kehilangan eksistensi di masyarakat, bahkan ditutup.

“UMSU harus sudah memikirkan, bagaimana 25 atau seratus tahun ke depan,” katanya.

Untuk itu, seluruh jajaran pimpinan di tingkat universitas sampai dosen dan pegawai harus memiliki kesamaan pandangan untuk sama-sama memajukan UMSU. Seluruh elemen di UMSU harus bergerak bersama sehingga prestasi yang dicapai saat ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.