Meidina Sembiring, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) terpilih dari Sumatera mengikuti Program Pemimpin Muda Asia Tenggara (YSEALI) di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, selama tiga minggu, Meidina Sembiring akan mengunjungi The Ohio State University dan Michigan State University.

Terpilihnya Meidina dalam program pemerintah Amerika untuk tokoh calon pemimpin muda di negara-negara ASEAN ini, bagi Rektor UMSU Dr. Agussani, menjadi kebanggaan UMSU dan masyarakat Sumatera Utara. “Ini patut diapresiasi karena menandakan potensi UMSU yang dipercayakan masyarakat sudah diperhitungkan tidak hanya nasional tetapi Internasional” kata Rektor Dr. Agussani di Medan menanggapi terpilihnya Meidina Sembiring dalam Program Young Southeast Asian Lea-ders Initiative, Rabu (6/1).

Rektor Dr. Agussani mengatakan program YSEALI diketahui cukup bergengsi karena pesertanya melalui seleksi ketat antar perguruan tinggi tingkat ASEAN. Peningkatan mutu pendidikan terutama penguasaan bahasa asing menjadi kunci keunggulan sehingga lulusan UMSU bisa bersaing di dunia internasional. UMSU mengupayakan lulusannya memiliki kemampuan berbahasa Inggri dan score test of english as foreign language (TOEFL) yang baik. Seiring dengan terpilihnya Meidina Sembiring, pengajar UMSU juga mengikuti program kemitraan serupa bahkan pengajar luar negeri telah didatangkan ke UMSU. Dengan demikian menurut Rektor, UMSU sudah mempersiapkan diri menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang berlaku sejak 31 Desember 2015.

Meidina Sembiring baru-baru ini mengatakan dia ingin bertemu Presiden Amerika Barack Obama di Gedung Putih. Dia ingin mempromosikan UMSU di Amerika dan bersama teman se ASEAN. Sejak diluncurkan Desember 2013, sudah hampir 35.000 anak muda dari seluruh Asia Tenggara yang mengikuti program  Pemimpin Muda Asia Tenggara ini. Meidina Sembiring menyambut baik komitmen Rektor UMSU membentuk Kantor Urusan Internasional (KUI). Diharapkan kantor ini berfungsi sebagai tempat sharing, bagi lulusan UMSU dan Indonesia yang akan menimba ilmu ke luar negeri dan sebaliknya mahasiswa luar negeri yang akan menimbah ilmu ke UMSU.

Upaya lain tentunya dengan peningkatan kelulusan di bidang kebahasaan dan soft skill sehingga siap bersaing. Kini, UMSU sudah menerapkan dan mengembangkan daya saing lulusan sesuai PP RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Penerapan Kurikulum Berbasis ke Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).***

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.