Medan, 14/6 (umsu)- Ujian seleksi masuk Universitas Muhammadiyah Sumut (UMSU) gelombang I yang dilaksanakan Sabtu, diikuti 1766 calon mahasiswa.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP, mengatakan, dibanding tahun sebelumnya, terjadi peningkatan jumlah peserta ujian. Untuk gelombang  ujian yang sama hanya 807 orang.

Menurut  Agussani, ujian seleksi masuk UMSU akan dilaksanakan tiga gelombang.

Dia mengaku bersyukur dengan tingginya antusias masyarakat melanjutkan pendidikan di UMSU. ” Alhamdulillah, ini bentuk kepercayaan masyarakat kepada UMSU,” katanya.

Dijelaskan dia, ujian seleksi masuk UMSU bukanlah formalitas, tapi benar-benar untuk menghasilkan calon mahasiswa yang berkualitas.

“Seleksi bukan formalistas, UMSU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas, ” katanya.

Lebih lanjut, UMSU terus berupaya untuk  melakukan perbaikan, termasuk dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru.  Diharapkan ujian berjalan baik.

Proses pendaftaran sendiri dilakukan online bekerjasama dengam BRI dan, secara umum telah berjalan baik, meski belum 100 persen.

Untuk itu, UMSU juga memberi kesempatan bagi yang mendaftar sistem manual, untuk mengantisipasi kesulitan bagi peserta yang mengalami kendala dalam mengakses internet.

Lebih lanjut, pada tahun ini UMSU juga melakukan  perubahan, dengan mengharuskan mahasiswa  tes urin. Dari tes tersebut ada puluhan yang terjaring, sehingga terpaksa tidak diloloskan masuk UMSU.

Untuk mahasiswa baru ada kenaikan biaya pendidikan dibanding stambuk lama. Hal ini disesuaikan dengan upaya peningkatan kualitas dan perkembangan ekonomi saat ini.

Diharapkan pelaksanaan tes akan meningkat kualitasnya. Untuk itu dia minta pengawas melakukan tugas sungguh-sungguh.

Sementara itu, menurut Wakil Rektor I, Dr Muhyarsyah, SE, MSi, ujian seleksi masuk UMSU terdiri dari ujian tulis dan kepribadian melalui wawancara.

Calon mahasiswa yang berhasil meraih rangking 10 besar dalam ujian seleksi masuk UMSU akan diberi kebebasan uang SPP selama satu tahun.

Sedangkan Wakil Rektor 3, Dr Muhammad Arifin Gultom MHum mengingatkan, para pengawas untuk jeli dalam melakukan tes kepribadian melalui wawancara. Tes wawancara dinilai penting untuk melihat kepribadian calon mahasiswa ketika nantinya diterima sebagai mahasiswa dan mengikuti proses belajar di UMSU.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.