18Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan dan Universitas Muhamamdiyah Sumatera Utara sepakat meningkatkan kerjasama bidang bahari yang sudah terjalin selama ini.

Pernyataan itu terungkap dalam kunjungan silaturahim Rektor UMSU Dr Agussani MAP kepada Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) I Belawan Kolonel Laut (P) Yudo Margono. “Hasil pertemuan silaturahim yang dilakukan menyepakati untuk meningkatkan dan melanjutkan program kerjasama pengabdian masyarakat, pelestarian hutan mangrove dan bidang pendidikan,” kata Agussani di kampus Jalan Mukhtar Basri Meda.

Menurut Agussani, kerjasama dengan Lantamal I Belawan yang telah dilakukan selama ini yakni Program desa binaan sebagai implementasi dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang di antaranya pengabdian pada masyarakat. Program desa binaan yang sudah dilakukan yakni bakti sosial di Desa Jaring Halus yang juga salah satu di antara banyak desa binaan Lantamal I yang tersebar di empat provinsi yakni Sumatera Utara, Aceh, Sumbar dan Riau. Desa Jaring Halus sendiri terletak di pantai timur Sumatera yang hanya dapat diakses melalui laut.

Danlantamal I Belawan Kolonel Laut (P) Yudo Margono sendiri menyambut baik kunjungan silaturahim Rektor UMSU yang didampingi Ustadz Drs H Amhar Nasution MA yang juga dosen UMSU. Dia berharap kerjasama yang sudah terjalin selama ini terus berlanjut dan ditingkatkan.

Danlantamal juga bersedia memberikan ceramah tentang bela negara kepada mahasiswa UMSU sehingga dikaharapkan memahami tentang arti pentingnya pembelaan negara, sekaligus menumbuhkan motivasi bela negara.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Effendy, pengusaha yang peduli dengan pelestarian lingkungan dan berkomitmen membantu kegiatan pelestarian hutan mangrove. Sebagai pengusaha dibidang budi daya perikanan dia juga tergerak mendukung kerjasama UMSU untuk membantu mahasiswa yang ingin belajar tentang usaha bahari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.