Guru Besar Program Studi Ilmu Komunikasi UNPAD, Prof Dr Engkus Kuswarno,MS, didampingi  Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UMSU Dr Iskandar  Zukarnain, Dekan FISIP UMSU Rudianto M.Si, bersama rombongan dosen dari berbagai perguruan tinggi mengunjungi Observatorium Ilmu Falak  (OIF) UMSU, usai mengelar diskusi dengan tema Refreshing Metode Penelitian Komunikasi di Kampus Pascasarjana UMSU Jalan Denai Jumat (8/1).

Menurut  Engkus, Kerjasama dalam diskusi Metode Penelitian Komunikasi perlu dibangun untuk penyegaran bagi dosen ataupun mahasiswa pasca sarjana yang akan melakukan penelitian dengan pendekatan teori kualitatif maupun kuantitatif dan sekaligus melakukan pengembangan program studi Ilmu Komunikasi.

“Kami memerlukan pendampingan untuk mengatasi kendala-kendala administratif, sumber daya manusia seperti dosen dan tim pengajar yang mampu melakukan penelitian, dan juga pengembangan kelembagaan program studi ilmu komunikasi,” ungkap Dr Iskandar selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Pascasarjana UMSU. Selain itu, UMSU juga ingin membuka kerjasama dalam hal riset, dan juga pengabdian kepada masyarakat.

Kepala OIF UMSU, Dr H Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar MA menambahkan, pemanfaatan OIF sesuai dengan namanya observatorium tentunya kemanfaatannya digunakan kepada hal-hal yang berkaitan dengan dunia astronomi. Misalnya, memperkenalkan alam semesta dengan benda-benda langit seperti bulan, matahari dan bintang.

Dia menambahkan, SDM yang dimiliki terus dilatih dan diberdayakan. Di tim OIF UMSU sudah ada 12 tim yang tergabung dari berbagai fakultas dan latarbelakang disiplin ilmu yang terus dilatih dan diperkenalkan untuk memahami instrument astronomi dan tata cara penggunaan dan memanfaatkannya baik di internal kampus dan di tengah masyarakat.

“Keberadaan OIF UMSU ini untuk umum. Kita akan memberi undangan yang mempersilahkan kepada sekola-sekolah, SD, SMP, dan SMA untuk datang diperkenalkan alam semesta seperti langit yang klasik dan modern di arena planetorium,” katanya.

Dia menambahkan, keberadaan OIF ini merupakan semangat UMSU untuk mengembangkan keilmuaannya, mengapresiasi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya astronomi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.