UMSU Komit Isi Kemerdekaan Dengan Mencerdaskan Anak Bangsa

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP menjadi inspektur upacara (Irup) detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-71 di Lapangan Parkir Kampus Jalan Mukhtar Basri Medan, Kamis 17 Agustus.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 itu berjalan khidmat dihadiri Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin Gultom, Wakil Rektor II Akrim, MPd, Wakil Rektor III Rudianto, M.Si, Direktur Pascasarjana Prof Dr Ediwarman, Sekretaris Rektor Gunawan, M.Th, pimpinan fakultas, pimpinan prodi, pimpinan lembaga, para dosen serta staf biro administrasi.
Sebelum pengibaran bendera merah putih oleh penggerek dari satuan pengaman kampus, rektor membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan dari atas podium upacara dengan pengeras suara yang memecahkan keheningan pagi di bawah gagahnya sinar matahari.

Rektor dalam amanatnya mengajak sivitas akademika UMSU  untuk terus mengisi Kemerdekaan dengan menorehkan karya nyata dalam dunia pendidikan untuk menyambung perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga bagi bangsa ini.  “Jika kita tidak mengisi Kemerdekaan dengan karya nyata, maka Kemerdekaan yang diperebutkan pahlawan kita dari tangan penjajah dengan darah itu, akan sia-sia dan tidak bermakna bagi rakyat dan bangsa ini,” ujarnya.

Untuk itu UMSU, lanjutnya, komit mengisi Kemerdekaan dengan terus berperan mencerdaskan anak bangsa agar generasi muda tidak berhadapan dengan ‘musuh’  kebodohan dan keterbelakangan sehingga negeri ini terutama Sumateta Utara aman  dan sejahtera.

Peran mencerdaskan anak bangsa, menurut rektor,  telah dilakukan oleh Muhammadiyah baik sebelum dan setelah Kemerdekaan negeri ini. “Saudara dan saudari yang menjadi karyawan dan dosen di UMSU  agar mengambil peran mulia seperti yang dilakukan Muhammadiyah untuk negeri ini,” ujarnya.

Tentunya, kata rektor, peran mencerdaskan anak bangsa harus dilakukan oleh lembaga pendidikan yang memiliki tata kelola yang baik dan sehat agar terus diminati masyarakat.

Pada kesempatan Rektor Dr Agussani mengucapkan rasa syukur UMSU telah dipercayai oleh masyarakat Sumatera Utara sebagai tempat generasi muda penerus bangsa untuk menimba ilmu di UMSU. Nama baik UMSU di mata masyarakat harus kita jaga dan rawat bersama karena itu adalah hasil kerja keras sivitas akademika.

Pada momen hari Kemerdekaan  bangsa ini, Rektor Dr Agussani mengajak sivitas akademika UMSU untuk merapatkan barisan, bersatu dan kompak untuk membuat karya nyata yang terbaik lagi. Harapannya UMSU akan menghasilkan lulusan yang unggul cerdas dan terpercaya sesuai harapan dan keinginan masyarakat Sumatera Utara serta bangsa ini.

Pada kesempatan itu rektor dan sivitas akademik UMSU memanfaatkan momen Kemerdekaan ini dengan meluapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang tidak terkira karena UMSU berhasil menyeleksi masuk 4.680 mahasiswa baru tahun ini. Dengan demikian jumlah seluruh mahasiswa 23.000 lebih. Kemudian, UMSU telah merekrut 168 dosen baru tetap tahun 2015 dan 2016 untuk memenuhi rasio dosen sesuai kebijakan Kemenristek Dikti. Rasa syukur dan sambutan secara serempak menyambut hari Kemerdekaan RI pada upacara diabadikan ke dalam video streaming. Selepas menjadi Irup, Rektor Dr Agussani bersalaman kepada sivitas akademika dan bergegas menghadiri upacara yang sama di Lapangan Merdeka bersama Muspida dengan Irup Gubsu HT Erry Nuradi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.