Rektor Beri Tali Asih 37 Mahasiswa

Setelah mahasiswa menorehkan berbagai prestasi olahraga dan akademik pada akhir tahun 2016 yang gemilang, UMSU bertekad meningkatkan torehan prestasi pada 2017 mendatang.

Tekad dan komitmen itu disampaikan Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dan para mahasiswa berprestasi pada acara penyerahan tali asih di Aula Gedung Pascasarjana Jalan Denai Medan, Jumat (4/11).

“Tekad dan komitmen meningkatkan prestasi mahasiswa pada tahun 2017 tidak main-main. Kini UMSU mulai menertibkan dan menata kelembagaan kemahasiswaan serta melakukan pembinaan mahasiswa untuk berprestasi,” kata Rektor Dr Agussani kepada wartawan usai menyerahkan tali asih kepada 37 mahasiswa berprestasi di bidang olahraga dan akademik yang berkompetisi tingkat lokal, nasional sampai level internasional. Selain rektor, turut menyerahkan tali asih yakni Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin, Wakil Rektor II Akrim, M.Pd, Wakil Rektor III Rudianto, M.Si, Sekretaris Rektor Gunawan, M.Th serta Kepala Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Kabimawa) Radiman, SE. Turut hadir para ketua-ketua Unit Kegiatan Mahasiswa dan para dosen pembina. Penyerahan tali asih ditandai dengan penyerahan dua piala juara umum karate tingkat ASEAN dan Juara I Futsal dari ketua tim kepada rektor.

Pada acara itu, Rektor menyampaikan mahasiswa telah mengharumkan nama UMSU, Sumatera Utara bahkan Indonesia di level internasional. Konsern universitas menata kelembagaan kemahasiswaan sangat berarti. Tanpa komitmen dan tata kelola kelembagaan yang baik mustahil mimpi UMSU menjadi gudang mahasiswa berprestasi di bidang olahraga dan akademik tercapai. Untuk itu, lanjut rektor, keseriusan universitas menata amal usaha persyarikatan Muhammadiyah ini tidak bisa ditawar-tawar lagi agar UMSU dapat memberi kontribusi dalam menempa dan melahirkan melahirkan lulusan atlet berprestasi yang berilmu dan beragama yang baik.

Rektor mengatakan untuk mengejar peluang pada even kompetisi pada tahun depan, baik cabang olahraga atau akademik, universitas sudah menata dan memperkuat sistem kelembagaan serta pembinaan mahasiswa di sejumlah Unit Kelembagaan Mahasiswa (UKM) pada 2016 ini. UMSU akan menambah satu lagi UKM Drum Band. Selama ini sudah ada puluhan UKM termasuk Futsal dan Karate. Tata kelola dan pengembangan kelembagaan yang terus menerus dilakukan untuk mengembangkan potensi minat dan bakat untuk meraih peluang prestasi di UMSU,” ujar rektor disambut tepuk tangan para mahasiswa.

Ke-37 mahasiswa yang menerima tali asih kesekian kali ini dari rektor adalah mereka meraih medali dan piala juara umum pada tahun ini. Even yang diikuti cabang drum band di PON XIX di Jawa Barat (2 emas, 2 perak, 2 perunggu, Olympiade Medical Internasional cabang digestive (2 emas), IMT-GT Thailand cabang paper presentation (1 emas), Cabang Penulisan Karya Ilmiah (PKM) di IPB (lolos Pimnas),Cabang Karate YSU di ajang cup Southeast Asian Championship (7 emas, 2 perak), cabang silat Kejurnas piala Menpor (1 perak, 3 perunggu) serta Juara 1 cabang Futsal (piala dan delegasi Sumut ke tingkat nasional).

Wakil Rektor III Rudinto, M.Si mengatakan sesuai instruksi rektor pihaknya akan mendorong mahasiswa berprestasi untukmenjadi ujung tombak dalam menjaga keasrian kampus sekaligus untuk kenyamanan dalam mengeksplorasi minat dan bakat mahasiswa dalam satu wadah UKM.

Sementara itu Nova Sinaga, mahasiswa atlet Karate peraih emas mengatakan tali asih yang diberikan oleh rektor menjadi motivasi bagi para mahasiswa berprestasi untuk terus berlatih untuk menghadapi kompetisi pada ajang tahun 2017. Nova mengapresiasi komitmen universitas yang membina dan mendampingi para atlet meraih sukses dalam kreatifitas sekaligus sukses dalam kuliah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.