Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengirimkan wakil untuk  menghadiri undangan pertemuan, pameran, konferensi internasional tahunan yang digelar QS (Quacquarelli Symonds), badan non profit yang bergelut di bidang pendidikan berbasis di London dan Singapura.

“Kehadiran wakil UMSU mengikuti Pertemuan, pameran dan konferensi tingkat Asia Pasifik untuk bidang pendidikan tinggi atau lebih dikenal dengan QS APPLE (Asia Pacific Profesional Leaders in Education) sebagai komitment menuju world class university dimasa depan,” kata Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP kepada wartawan di Medan, Rabu.

UMSU dalam pertemuan tahunan tersebut mengirimkan Wakil Rektor II, Akrim, SpdI, MPd dan dr.Eka Airlangga, M.Ked(Ped), Sp.A, wakil Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UMSU. Acara pada tahun ini berlangsung di Putrajaya Malaysia tanggal 22 – 24 November 2016.

Menurut Rektor, keterlibatan UMSU dalam pertemuan pendidikan tinggi internasional merupakan bagian program mewujudkan cita-cita menjadikan universitas berkelas internasional yang telah disusun dalam roadmap UMSU Tahun 2033. Langkah iuni diawali dengan pendirian Kantor Urusan Internasional (KUI) UMSU pada tahun ini.

“Sebagai rektor tentu saya bersyukur karena lewat pertemuan perguruan tinggi internasional yang dihadiri banyak perwakilan universitas dunia, akan bisa membawa dampak positif dalam pengembangan UMSU ke depan,” katanya.

Melalui pertemuan tersebut diharapkan, UMSU bisa belajar banyak serta bertukar pengalaman dengan wakil dari universitas lainnya yang lebih dulu maju.Ajang ini juga dimanfaatkan untuk menjajaki kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya di luar negeri.

Pertemuan ini adalah yang ke 12 dimaksudkan untuk mencoba menjembatani ide-ide, komitmen, sharing pengalaman dan membentuk networking antara para pemangkku kepentingan di setiap uiversitas sehingga dapat bersama-sama menuju world class universities.

Wakil Rektor II, Akrim SpDI, MPd, menjelaskan, dalam pertemuan itu, tema-tema diskusi dikemas dengan menarik pada diskusi paralel seperti : new initiatives to promote student mobility, using international internship to enhance graduate employability, global talent, nationnal strategies dan international higher education policies in ASEAN, communicating and marketing strategies, strategies for recruiting international students, new directions in short-term international student mobility and the role of language training and liberal arts inn creating global citizen.

Menurut dia, tuan rumah meyelenggarakan pertemuan ini dengan baik dan secara resmi dihadiri hampir seribu akademisi dan dibuka langsung Raja Muda Perlis His Royal Highness Tuanku Syed Faizuddin Putra.

Dari Indonesia, UMSU menjadi bagian dari beberapa perwakilan peserta seperti dari Universitas Muhammadyah Yogjakarta, Universitas Udayana, Universitas Indonesia,. Airlangga, Universitas Islam Indonesia, Universitas Hasanuddin Makasar, dan lainnya. Di luar UMSU, Universitas lainnya , sudah menjalan program pertukaran pelajar dan internasionalisasi kampus sejak beberapa tahun lalu melalui program summer school, short course, Kuliah Kerja Nyata Internasional, student exchange program, dan sebagainya yang tentunya membawa nilai lebih pada mahasiswa dan universitas nilai lebih pada mahasiswa dan universitas, terlebih pada daya pariwisata Kota/Kabupaten tempat tinggal mahasiswa asing nantinya yanng akan membawa nilai ekonomis tinggi pada masyarakat kita.

Harapan UMSU melalui KUI tentunya hal-hal tersebut akan dapat terlaksana, walaupun secara bertahap dan harus ditunjang melalui komitmen bersama seluruh civitas akademika termasuk penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, penelitian yang terus berjalan, aplikasi program-program yang menyentuh masyarakat dan inovatif.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.