Sebanyak 18 dosen UMSU mempresentasikan seminar hasil desentralisasi dari dua skim Penelitian Dosen Pemula (PDP) dan hibah bersaing/produk terapan. Presentasi seminar hasil dibuka Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor UMSU, Dr Muhammad Arifin Gultom, SH, MHum.

Acara ini dihadiri Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMSU, Dr Muhammad Said Siregar, MSi, Sekretaris T Riza Zarzani, Mhum, dan reviewer Badaruddin dan reviewer UMSU, Sulhati.

WR 1 UMSU mengatakan, saat ini UMSU telah mencapai klaster utama di bidang penelitian, maka kinerja ke depan harus terus ditingkatkan agar dapat menyerapkan dana Dikti. Targetnya ke depan, harus mencapai klaster mandiri. “Saya minta agar dosen UMSU terus meningkatkan kinerja agar dapat menyerap dana riset dari DIKT. Mempertahankan tingkatkan klaster, tetapi ke depan ditargetkan untuk mencapai tingkat klaster mandiri,” katanya.

Untuk mendukung kenaikan tingkat klaster, ke depan UMSU akan menerapkan proses belajar mengajar berbasis riset. Pendidikan berbasis riset di di antarnaya metode pendidikana dimana mahasiswa menjadi pusat utama proses belajar mengajar, proses mendapatkan ilmu pengeathuan, mahasiswa bersifat aktif dan bukan pasif menerima ilmu dari dosen. Dosen bersifat sebagai fasilitator proses pembelajaran bukan sebagai sumber ilmu, dan mahasiswa aktif bertanya, berdikusi melakukan literature review, mengemukan pendapat melalui presentasi.

Sementara karakteristik dosen untuk pendidikan berbasis riset dijelaskan, yakni open minded, berwawasan terbuka, egaliter, tidak memandang dirinya paling pintar dan paham di kelas, mampu membimbing mahasiswa mengexplorasi topik dengan cara yang menarik, senantiasa memberikan data/bahan ajar dan hasil riset mutakhir kepada mahasiswa, dan mampu menjaga suasana akademik yang sibur di kelas dan kawasan kampus.

Reviewer nasional Badaruddin sebelum presentase seminar hasil menjelaskan, masih ditemui beberapa kekeliruan misalnya menyampaikan hasil terpisah-pisah, padahal dalam multiyears harusnya satu kesatuan. Terkait janji-janji masih banyak belum terpenuhi sehingga menjadi temuan. Ke depan diharapkan agar kewajiban terpenuhi. Diakuinya, banyak peneliti kesulitan untuk menerbitkan artikelnya di jurnal internasional terindeks scopus. Akibatnya jurnal di dalam negeri tertinggal karena dosen berebut untuk memenuhi penelitian termuat di jurnal internasional yang di dalamnya berisi data yang sangat banyak dan  berguna.

Sebelumnya, Ketua LPPM UMSU, Dr Muhammad Said Siregar, MSi menyampaikan 18 dosen UMSU yang menyampaikan presentasi semianr hasil desentralisasi yakni, Akrim dengan judul Integrasi Kompetensi dan Sosial Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri Kota Medan. Marah Doly Nasution (Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Metode Numerik dengan Pendekatan Metakognitif Berbantuan Matlab di FKIP UMSU), Ijah Mulyani Sihotang (Pengembangan Pembelajaran Model Tutorial Program Macro Media Flas dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan), Muhammad Thamrin (Diseminasi Teknologi Spesifik Lokasi Padi Sawah Tadah Hujan melalui Pendekatan PTT dalam Meningkatkan Produktivitas), Rimbawati (Modifikasi Motor Induksi Tiga Phasa Sisa Pakai Industri Menjadi Hydroelectrik Generator Untuk PLTMH).

Rohana (Optimalisasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Meningkatkan Kualitas Daya Tarik), Hadriman Khair (Analisis Persepsi dan Keinginan Membeli Konsumen terhadap Buah Lokal dan Impor di Kota Medan (Studi Kasus Buah Jerukd an Apel), dr Humairah Medina Liza Lubis (Potensi Ekstrak Buah Legundi (Vitex trifolia) sebagai Penghambat  Pembelaan an Pertumbuhan Sel Tumor Kulit pada Tikus Putih yang Diinduksi Benzoalphapyrena.

Rahmat Muslihuddin (Pengaruh Keatifan, Kreativitas dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Kuliah Analisis Vektor di FKIP UMSU), Elizar Sinambela (Model Penyaluran Zakat, Infak dan Sadaqah bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah pada Baznas Sumatera Utara), Jufrizen (Model Pengembangan Etika Kerja Berbasis Islam pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Kota Medan), Gustina Siregar (Model Pengembangan Komoditas dan Jenis Usaha Unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Arifin Saleh (Pengembangan Model Corporate Sosial Responsibility (CSR) Perusahaan Tambah Emas Agincourt Resources dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Tapanuli Selatan Sumatera Utara), Nalil Khairiah (Model Pemberdayaan terpadu dalam Penanaman Nilai-nilai Good Governance sebagai Upaya Pencegahan Korupsi pada Mahasiswa di Kota Medan), dr Siti Masliana (Diagnosis Cepat (Rapid Diagnosis) dengan Menggunakan Tes Sederhana dari Sekret Hidung pada Penderita Risonisusitis Bakteri, Yayuk Yayulina Manurung (Pengaruh Speed Reading terhadap Keterampilan Membaca pada Mahasiswa Bahasa Inggris FKIP UMSU), Dedek Gultom Kurniawan Gultom (Nilai-nilai Islam sebagai Variabel Moderating pada Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Mahasiswa (Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Swasta di Kota Medan) da Emni Purwoningsih (Efektifitas Antioksidan Estrak Buah Kari (Muraya Koenigi) terhadap Sel-B Pankreas Tikus Putih yang Diindikusi Steptozontosin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.