Unit Kegiataan Mahasiswa Karate Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses meraih posisi dua pengumpul medali terbanyak dalam kejuaraan karate yang diikuti sejumlah perguruan tinggi di Asia Tenggara.

“Prestasi yang diraih mahasiswa UMSU dalam kejuaraan karate tingkat ASEAN patut disyukuri dan ini menambah panjang daftar prestasi yang telah diraih,”kata Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP kepada wartawan saat memberikan tali asih kepada para karateka UMSU, di ruang rapat rektorat Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Kamis (30/3).

Turut hadir, Wakil Rektor 3, Rudianto, S.Sos, MSi, serta kepala Biro Kemahasiswaan, Radiman, SE, MSi. Pemberian tali asih juga dihadiri seluruh atlet yang mengikuti kejuaran didampingi oleh pembina.

Kejuaraan karate mahasiswa di tingkat ASEAN diikuti 58 perguruan tinggi diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Dalam kejuaraan ini UMSU yang mengirimkan tujuh orang atlet sukses meraih tiga medali emas serta satu penghargaan sebagai “the best of the best” atlet.

Medali emas karate, masing-masing atas nama Nova Sinaga, M.Fajar serta Tri Winarni yang juga berhasil meraih sukses, the best of the best atlet.

Menurut Rektor, UMSU memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para atlet UKM karate yang telah menorehkan prestasi internasional. Prestasi di kejuaraan tingkat ASEAN ini sekaligus membawa nama harum daerah, apalagi kejuaraan juga diikuti universitas-universitas ternama di tingkat nasional.

“UKM Karate UMSU sangat membanggakan karena telah membawa nama baik perguruan tinggi muhammadiyah dan juga daerah di level internasional,” katanya.

Dijelaskan dia, UMSU komit untuk terus memberikan dukungan dan fasilitas kepada mahasiswa untuk bisa mengembangkan potensi dan kreatifitasnya dalam meraih prestasi di tingkat lokal, nasional dan internasional. Berbagai prestasi yang berhasil diraih UKM karate bisa jadi model dalam melakukan pembinaan kepada UKM lainnya.

Dalam kesempatan itu dia juga berpesan, para atlet karate UKM UMSU tidak melupakan aktifitas akademik disela latihan rutin.

“Proses akademik harus terus lanjut disela rutinitas latihan. Pendeknya disela kesibukan latihan dan mengejar prestasi di bidang olahraga, tetap menargetkan menyelesaikan kuliah tepat waktu,” katanya.

Wakil Rektor 3, Rudianto, S. Sos, M.Si dalam kesempatan itu, mengatakan para atlet bisa mengkomunikasikan model perkuliahan dengan menyesuaikan aktifitas latihan dan mengikuti kejuaraan.Para atlet diharapkan bisa melakukan yang terbaik sehingga tidak melupakan proses akademik dalam mengejar prestasi olahraga.

Sementara, Nova Sinaga, Tri Winarni serta M Fajar kompak menyampaikan rasa terima kasihnya karena berkat dukungan penuh yang diberikan pihak universitas, ketiganya mampu meraih prestasi maksimal. “Saya merasa bangga karena mendapat dukungan penuh dari UMSU sehingga bisa meraih prestasi maksimal,’katanya yang diamini rekan-rekannya. Dia berharap raihan prestasi yang diperoleh UKM Karate UMSU bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainya untuk bisa sama-sama membawwa nama baik universitas dan daerah di tingkat nasional dan internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here