Teater Sisi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara terpilih sebagai wakil Sumut untuk mengikuti Festival Teater Mahasiswa Nasional ke 8 di Universitas Negeri Makassar.

Keberangkatan Teater Sisi ke Festamasio yang akan berlangsung mulai 1-9 April dilepas langsung Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP, didampingi Wakil Rekto 3, Rudianto, S.Sos, MSi, Jumat (31/3). Dalam kegiatan yang diikuti oleh 16 peserta dari seluruh Indonesia ini, Teater Sisi akan menampilkan pementasan teater “InterOpsi”.

“Sebagai yang dipercayakan untuk membawa nama universitas, sekaligus nama daerah, Teater Sisi diharapkan bisa menampilkan karya terbaiknya,” kata Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP.

Menurut dia, Festamasio yang digelar di Makassar bisa jadi ajang untuk memperkenalkan khasanah dan kekayaan budaya daerah, selain mengejar prestasi. Anggota Teater Sisi yang ikut dalam kegiatan tersebut, juga bisa belajar dan bertukar pengalaman sekaligus membangun silaturahim.

Rektor tidak memberikan target kepada Teater Sisi dalam Festamasio ke 8 Makassar, dia hanya mengingatkan agar pengurus dan anggota Teater Sisi yang berangkat ke festival teater mahasiswa nasional tersebut bisa menjaga prilaku karena membawa nama baik universitas, sekaligus Sumatera Utara.

“saya berharap pengurus dan anggota Teater Sisi yang berangkat ke Makassar bisa menjaga nama baik universitas dan daerah Sumatera Utara selama kegiatan berlangsung, serta tetap menjaga kesehatan,” katanya.

Teater Sisi UMSU beberapa kali menerima penghargaan dalam festival teater yang digelar di tingkat lokal dan nasional. Salah satunya penghargaan di ajang STIGMA, Palembang Tahun 2015, dengan judul naskah ” Mayat Terhormat”.

Menurut Pembina UKM Teater Sisi UMSU, Agung Saputra, S.Sos, MSi, keberangkatan ke festival nasional di Makassar tahun ini berdasarkan seleksi atas karya yang dikirimkan dalam format video. Panitia festival akhirnya memilih Teater Sisi UMSU sebagai wakil Sumut untuk menampilkan karyanya di festival teater mahasiswa nasional yang diikuti sejumlah universitas ternama di Indonesia.

“Terpilihnya karya Teater Sisi tentunya sangat membanggakan, tapi sekaligus beban untuk bisa menampilkan karya terbaik,” katanya.

Dalam festival ini, para peserta nantinya akan memperebutkan kategori, aktor dan aktris terbaik, sutradara terbaik, penata cahaya terbaik, penata rias terbaik dan 3 penyaji terbaik.

“Di festival teater nasional ini, para peserta bukan hanya sekadar menguji kemampuan, tapi bisa juga saling belajar dan menimba pengalaman kepada sesama pelaku seni kampus se Indonesia,” katanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.