Pengurus Wilayah Muhammadiyah bersama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menyerahkan bantuan untuk korban banjir bandang yang terjadi di Tapanuli Selatan dan Padangsidempuan.

Penyerahan bantuan kepada para korban dilakukan oleh Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam, Zailani, SPdI, MA bersama Ketua LDK PWM Sumut, Selamat Pohan MA didampingi perwakilan dari Tim MDMC PP Muhammadiyah, Minggu. Bantuan diterima oleh Ketua PDM Padangsidempuan, H Amil Mahzul serta Ketua PDM Tapsel, Zulfahmi, MA di posko penanggulangan bencana di daerah masing-masing daerah.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, para Pengurus Daerah Muhammadiyah dan Aisiyah di Tapanuli Selatan maupun di Kota Padangsidempuan.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP saat melepas tim PWM dan universitas mengatakan, bantuan yang diberikan kepada para korban bencana banjir bandang khususnya warga Muhammadiyah di daerah merupakan bentuk perhatian dan sebagai turut berduka atas musibah yang menimpa dua daerah tersebut.

Bantuan yang diberikan tersebut diharapkan bisa meringankan beban para korban yang mengalami kerugian akibat rumah dan bangunan yang rusak diterjang banjir bandang. “Mudah-mudahan kondisi para korban cepat pulih dan bisa kembali melakukan aktifitas secara normal,” katanya.

Dijelaskan dia, UMSU sebagai amal usaha Muhammadiyah sudah seharusnya berperan aktif dalam mengatasi dan ikut terlibat dalam penganggulangan korban bencana. Bantuan yang diberikan tidak saja berupa materi atau uang tapi juga UMSU selalu aktif mengirim tim kesehatan bila dianggap penting untuk menjawab berbagai persoalan di lokasi bencana.

“UMSU akan terus berupaya aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan. Tentunya bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan,” katanya.

Bantuan kepada para korban bencana banjir bandang di Tapsel dan Padangsidempuan diharapkan juga makin meningkatkan silaturahim antara UMSU-PWM dan masyarakat, Tapsel dan Padangsidempuan. “Mudah-mudahan, kondisi para korban cepat pulih dan bangunan rumah tinggal yang rusak akibat tersapu banjir bandang bisa segera diperbaiki.

Mewakili PWM Sumut, Selamat Pohan, MA mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian pengurus atas musibah yang menimpa saudara-saudara khususnya warga Muhammadiyah di daerah. Melalui bantuan yang diberikan diharapkan para pengurus Muhammadiyah di daerah bisa menyalurkan dan meringankan beban para korban bencana.

Sementara Ketua PDM Tapsel, Zulfahmi, MA, MH mengaku senang dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh UMSU dan Pengurus wilayah Muhammadiyah Sumut. “Bantuan ini akan diserahkan dan dikelola untuk disalurkan kepada para korban khususnya warga muhammadiyah,” katanya.

Sebelumnya banjir bandang yang melanda Tapanuli Selatan terjadi Minggu, (26/3) akibat hujan deras yang terjadi. Hujan deras tersebut mengakibatkan Sungai Batang Ayumi dan Sungai AEK Sipogas meluap yang mengakibatkan banjir bandang di Kota Padangsidempuan. Banjir mengakibatkan sejumlah korban tewas dan puluhan rumah terseret derasnya arus air.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.