Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggali potensi tari etnis nusantara yang dimiliki generasi muda pada jenjang  SMA/SMK se- Sumatera Utara, dalam satu acara Festival Tari Kreasi Nusantara Tingkat Sumut di Auditorium Kampus Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medan Sabtu (15/4).

Pada festival yang diadakan setiap tahun oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari Seni dan Budaya diikuti puluhan peserta, menghasilkan juara I SMK 11 Medan, Juara II SMA 1 Lubukpakam dan Juara III SMA 1 Tanjungmorawa, sedangkan peserta pria terbaik dari SMA Raksana dan wanita terbaik dari SMK 1 Lubukpakam.

Wakil Rektor III UMSU Dr Rudianto, M.Si saat menutup acara mengatakan, para pelajar yang juara agar terus meningkatkan dan mengibarkan  prestasi  yang telah raih pada bidang tari etnis nusantara, sedangkan yang belum berhasil terus berlatih.

Dr Rudianto mengajak pelajar dan generasi muda bergabung ke dalam UKM Tari, Seni dan Budaya di UMSU untuk mendalami potensi minat dan bakat untuk berkompetisi di tingkat Sumut, nasional dan internasional.

“Kita perlu mengembangkan tari seni dan budaya etnis nusantara. Generasi muda dan pelajarlah yang diharapkan melanjutkan warisan dan memperkenalkannya sampai di dunia internasional,” katanya.

Menurut Dr Rudianto, mengingat pentingnya budaya nusantara, maka UMSU menjadikan festival ini sebagai even tahunan. Targetnya dapat mempertahankan budaya asli daerah  sekaligus menggali kreatifitas pelajar dalam mengembangkan potensinya yang berbasis kedaerahan. “Saya yakin upaya itu dapat memperkuat budaya kita di tingkat generasi muda,” ujarnya.

Dr Rudianto mengatakan, UKM Tari, Seni dan Budaya UMSU sebagai wahana yang disediakan oleh pihak universitas bagi generasi muda untuk berkreasi dan berinovasi di bidang seni dan budaya. Komitmen itu telah menghasilkan hasil yang positif bagi mahasiswa dan mengharumkan nama Sumut dan Indonesia di dunia internasional.

UKM Tari, lanjutnya, beberapa kali menjuarai perlombaan tingkat Sumut, nasional dan internasional di antaranya pada tahun 2016 menjuarai perlombaan tari etnik nusantara tingkat PTS se Sumut diadakan oleh Kopertis Wilayah I Sumut, menjuarai perlombaan tingkat PT Muhammadiyah se-Indonesia, tingkat perguruan tinggi se Indonesia dan peserta tarian etnik terbaik di Thailand.

Selain itu, menurut Dr Rudianto, melalui UKM Tari Seni dan Budaya, UMSU menghasilkan mahasiswa dan alumni yang menjuarai perlombaan pada ajang Rising Star seperti Indah Nevertari, Hanan Hilal Badres  sebagai putri muslimah Indonesia 2015 di Indosiar dan banyak lagi torehan prestasi lainnya.

UMSU mengharapkan dari festival seni tari dan budaya tingkat pelajar yang kemudian bergabung ke dalam UKM dapat menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang berbakat. Turut hadir Kabimawa Radiman, SE, para guru, pelatih, para siswa di antaranya dari Asahan, Deliserdang, Medan, Batubara serta Langkat. ()

WAKIL Rektor III UMSU Dr Rudianto, M.Si berfoto bersama dengan peserta tari yang berhasil juara pada Festival Tari Kreasi Etnis Nusantara tingkat pelajar se-Sumut di Auditorium Kampus Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medan, Sabtu (15/4)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.