Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) III Marsekal Pertama TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M. Tr (Han) memberikan apresiasi terhadap kecanggihan dan kelengkapan peralatan pengamatan tata surya yang dimiliki obeservatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang terletak di lantai tujuh gedung pascasarjana di Jalan Denai, Medan.

“Peralatan yang dimiliki OIF UMSU sudah sangat lengkap dan canggih . Saya kira fasilitas yang dimiliki oleh OIF UMSU ini sangat bermanfaat bukan saja dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, tapi secara praktis bisa juga digunakan masyarakat untuk berbagai kebutuhan,”kata Tri Bowo saat melakukan kunjungan silaturahim ke kampus UMSU di Medan, Selasa (15/8).

Menurut dia, keberadaan OIF  dengan berbagai peralatan canggih merupakan satu kebanggaan karena baru UMSU yang memiliki fasilitas pengamatan tata surya demikian lengkap. Bagi masyarakat fasilitas yang dimiliki UMSU tentu akan menjadi daya tarik sendiri.

Dalam kunjungan silaturahim tersebut, Marsekal Pertama TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M., M. Tr (Han) didampingi Aspers Kosekhanudnas 3, Letkol Adm Era Revianto dan staf. Selain mengunjungi OIF, Marsma TNI, Tri Bowo juga meninjau fasilitas kampus diantaranya ruang computer base test dan rusunawa serta ruang praktek fakultas teknik.

“Saya sangat terkesan, bahkan kami memeriksa sampai ke sisi kamar mandi, sungguh sangat luar biasa, modern, bersih dan representatif,” ungkapnya.

Menurutnya, sarana dan prasarana yang dimiliki UMSU sudah cukup lengkap untuk kegiatan pembelajaran mahasiswa. Cukup wajar jika UMSU menjadi salah satu kampus pilihan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengaku, pihaknya  tertarik untuk menjalin kerjasama dengan UMSU dalam rangka penguatan sumber daya manusia. Untuk itu pihaknya akan mendorong para perwira di jajarannya untuk melanjutkan pendidikan di UMSU.

Tri berharap UMSU kedepan menjadi universitas unggulan di Sumatera Utara. “Untuk mewujudkannya tentu harus didukung oleh dedikasi dan jiwa patriotisme para unsur-unsur pendukung yang dimiliki kampus ini. Saya berharap UMSU maju terus dan menjadi kebanggaan Sumatera Utara,” ujarnya.

Sementara itu Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengapresiasi kunjungan Panglima Kosekhanudnas III Medan untuk bersilaturahim dengan sivitas akademika. “Acara silaturahim ini merupakan wujud komitmen UMSU terus membangun komunikasi dan  kerjasama sengan seluruh komponen stakeholder demi untuk kemajuan Sumatera Utara,” katanya didampingi WR 1, Dr Muhammad Arifin, SH,MHum, Wr 2, Akrim, SPdI, MPd, WR3, Dr Rudianto, S.Sos, MSi, dan Sekertaris Universitas, Gunawan, SPdI, MTh.

Rektor juga menjelaskan, UMSU siap untuk menjalin kerjasama dalam peningkatan sumber daya manusia. Pascasarjana UMSU saat ini mengasuh delapan program studi, yakni hukum, kenotariatan, magister manajemen, akuntansi, komunikasi, manajemen pendidikan, teknik elektro dan pendidikan matematika.

Sebelum meninggalkan kampus, acara silaturrahim diakhiri dengan jamuan makan siang yang penuh dengan keakraban dan kekeluargaan.

Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III/Medan atau (Kosekhanudnas III/Medan) adalah Komando pelaksana operasional Kohanudnas yang berkedudukan langsung di bawah Panglima Kohanudnas dengan tugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara wilayah Kosekhanudnas III sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah Hanudnas untuk mendukung tugas Kohanudnas.

Kosekhanudnas III awalnya disebut “Komando Operasi Sektor Pertahanan Udara Nasional III” berkedudukan di Kota Medan. Berdasarkan telegram Pangkohanudnas Nomor: TK/113/2003, tanggal 21 Maret 2003, sebutan Komando Operasi Sektor Pertahanan Udara Nasional diganti menjadi Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional. Sebagai salah satu pelaksana di bawah Kohanudnas, peran dan fungsi Kosekhanudnas III tidak lepas dari terbentuknya Kohanudnas itu sendiri sebagai Komando Utamanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.