Dengan tujuan untuk memberikan karya inovatif dan kreatif  yang terbaik bagi Indonesia, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agusaani, MAP memberangkatkan tim mahasiswa ke ajang  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang diadakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar 23-28 Agustus 2017.

Pada acara pelepasan tim mahasiswa dan dosen pembimbing ke Makassar dari Kampus Jalan Kapt. Mukhtar Basri,  rektor menyampaikan UMSU memiliki satu lembaga yakni Unit Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa (UPKIM) yang khusus membina kreatifitas ilmiah mahasiswa agar menghasilkan karya inovatif. Untuk itu mahasiwa UMSU yang dikirim dapat bersaing dengan sejumlah mahasiswa dalam ajang Pimnas yang diikuti sejumlah perguruan tinggi.

“Inilah kesekian kalinya UMSU berkontribusi demi kejayaan Sumut dan bangsa Indonesia. Pimpinan universitas dan sivitas akademika yakin mahasiswa UMSU dapat memberikan karya terbaik pada ajang Pimnas 30 Tahun ini di Makkassar, dan tak lupa mengedepankan semangat kebersamaan, persatuan dan selalu bersinergi,” ujar Rektor Dr Agussani ddidampingi WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, WR II Akrim, M.Pd, WR III Dr Rudianto, M.Si, Sekretaris Universitas Gunawan, M.Th, Ketua UPKIM Fatimah Sari Siregar, dosen pembimbing serta tim mahasiswa.

Sebelumnya, Wakil Rektor III Dr Rudianto mengatakan UMSU satu-satunya dari perguruan tinggi swasta di Sumut yang lolos ke ajang bergengsi ini. Begitu juga di kalangan Perguruan Tinggi Muhamadiyah se Indonesia, UMSU salah satu dari lima PTM yang ikut kompetisi dari 172 PTM.  Seperti diketahui untuk mengikuti Pimnas, karya ilmiah yang akan dikompetisikan tingkat nasional, harus melewati proses seleksi atau monev yang dilakukan satu tim di daerah. Sedangkan karya ilmiah mahasiswa UMSU yang lolos adalah tentang kewirausahaan.

Rudianto menegaskan pada ajang ini UMSU  akan sama mengirimkan duta mahasiswa dengan USU dan Unimed dari Sumut.

Rudianto menjelaskan tim mahasiswa yang berangkat dari FKIP jurusan Bahasa Inggris yakni Mega Larasati, Milda Hagraini dan Syafrin Khairiza. Ketiga duta mahasiswa ini di Makassar didampingi oleh Ketua UPKIM Fatimah Sari Siregar dan seorang dosen pembimbing Yayuk H.

Apapun hasilnya nanti di Pimnas, lanjutnya, UMSU telah berupaya meningkatan kontribusinya untuk menjadikan mahasiswa dan lulusan UMSU yang kompetitif, kreatif, inovatif dan solutif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.