Tim Robotik Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sukses meraih Juara Favorit (Favorite Winner) dalam ajang “Mille Family Club Line Follower Robot Contest” yang digelar di Millenium ICT Center Medan, 28-29 Oktober 2017.

Dekan FT UMSU Munawar Alfansury Siregar ST MT mengungkapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian prestasi Tim Robotik FT UMSU. “Khusus kepada bapak WD II FT UMSU saya ucapkan terimakasih, karena telah membina dan memberikan motivasi kepada adik-adik mahasiswa sehingga sukses meraih prestasi. Kita juga berkomitmen akan mendukung sepenuhnya setiap kegiatan yang terkait memajukan kreativitas mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Dekan III FT UMSU Khairul Umurani ST MT mengatakan, bahwa kontes robotik merupakan kontestasi yang melibatkan tiga disiplin ilmu teknik sekaligus, yakni Informatika, komputer, mekanika (teknik mesin). “Line Follower ini merupakan kontes robotik tingkat dasar, dan alhamdulillah kita berhasil merebut juara favorit,” jelasnya.

Khairul menuturkan, bahwa sesungguhnya ide pembentukan Tim Robotik FT UMSU sudah lama digagas, namun sampai saat ini belum terrealisasi menjadi sebuah bentuk lembaga baku seperti yang diinginkan. “Dengan capaian prestasi ini, maka makin menguatkan tekad kita segera membentuk wadah resmi untuk pembinaan teknik robotik ini di FT UMSU. Dan dalam waktu dekat, kita sudah berkoordinasi dengan dengan pihak pimpinan universitas (WR III), mudah-mudahan ini bisa terwujud,” ujarnya.

Wadah ini, lanjut Khairul, bukan saja untuk menaungi pembinaan kreativitas-kreativitas mahasiswa di bidang robotik, melainkan bisa juga untuk bidang instrumen, VID dan juga industri dengan menerapkan micro-controler. “Kita berharap untuk jangka panjang lembaga ini bisa kita manfaat untuk memacu kreativitas mahasiswa untuk bisa berprestasi dalam even kontes robotik, bukan hanya di tingkat lokal tapi juga tingkat nasional, bahkan internasional,” sebutnya.

Adapun Tim Robotik FT UMSU yang sukses meraih prestasi Juara Favorit pada ajang Kontes Robotik Line Follower itu adalah Maula Muttaqin (NPM : 1607220090), Gema Mahardiko (NPM : 1607220041), M.Ardiansyah (NPM :1607220099), Muhammad Rizqi Tri Ananda Sutikno (NPM: 1507220078) dan Indra gunawan (NPM:1507220130).