Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) satu-satunya perguruan tinggi swasta yang mengalokasikan anggaran riset dosen terbesar mencapai Rp2 miliar lebih, kata Prof Dian Armanto, Phd.

Koordinator Kopertis I Sumut ini mengatakan, penggelontoran dana riset dan pengabdian kepada masyarakat tersebut membanggakan dunia pendidikan tinggi di Sumatera Utara sekaligus memacu agar akreditasi UMSU meningkat dari B menjadi A dalam proses tahun 2018 ini.

“Kopertis merasa bangga terhadap program riset dan alokasi dana yang cukup besar disediakan UMSU ini, dan harus menjadi contoh bagi PTS lain jika ingin meningkatkan mutu institusi. Tentu ini semua dari hasil kerja keras selama ini,” katanya dalam acara wisuda sarjana dan pascasarjana 2017/2018 UMSU di Gedung Selecta Convention Center, Selasa (7/11). Pada periode ini UMSU mewisuda 1.553 lulusan yang terbagi dalam dua hari. Selain Rektor UMSU Dr Agussani, MAP, para wakil rektor dan Badan Pembina Harian, turut hadir Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Sumut serta para orangtua wisudawan.

Prof Dian Armanto mengatakan, alokasi dana riset dan pengabdian kepada masyarakat yang besar merupakan salah satu kriteria pendukung institusi perguruan tinggi menjadi berkualitas. Kriteria lain adalah 40 persen dosennya harus bergelar doktor dan pengelolaan unit kegiatan kemahasiswaan berbasis penelitian dan pengabdian masyarakat. Jika kriteria itu terpenuhi, maka akan menentukan status akreditasi kelembagaan.

Prof Dian Armanto mengatakan, UMSU lebih siap pada empat syarat kriteria tersebut sehingga Kopertis optimis perguruan tinggi Muhammadiyah ini bisa sukses meraih peningkatan akreditasi institusi. Kopertis terus mendukungnya karena hal itu menjadi harapan Kemenristek Dikti. Harus ada PTS di Sumut berakreditasi A. Sisi lain
UMSU lebih siap karena didukung oleh sejumlah Prodi telah meraih akreditasi A. “Ini menjadi pertaruhan saya dengan menteri untuk mewujudkan PTS di Sumut berakreditasi A,” ujarnya.

Dengan perolehan akreditasi A, lanjutnya, maka perguruan tinggi tidak lagi berorientasi pada penerimaan Strata 1 melainkan jenjang Strata 2 dan Strata 3.

Prof Dian Armanto mengingatkan saat ini banyak profesi yang berubah dan persaingan semakin ketat. Hal itu tuntutan terhadap lulusan tidak lagi mencari kerja tetapi harus mampu membuka lapangan pekerjaan seiring dengan perkembangan internet di dunia. Untuk itu UMSU telah memberikan ilmu, kompetensi dan skill yang memadai kepada para lulusan. Prof Dian Armanto juga menekankan agar para lulusan tetap berbakti kepada orangtua.

Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Rais dalam sambutannya mengapresiasi program dana riset internal yang besar diberikan Rektor UMSU Dr Agussani untuk para dosen. Tujuannya agar UMSU dapat menjadi kampus berbasis riset yang pada akhirnya meningkatkan kualitas institusi. PP Muhammadiyah, lanjutnya, terus mendorong agar UMSU memberikan kontribusi kepada bangsa lewat pengelolaan pendidikan yang berkualitas. Dahlan Rais menyampaikan kepada wisudawan agar tetap bersyukur dengan kerja lebih baik dan merawat idealisme untuk kemajuan bangsa.

Sebelumnya, Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengatakan UMSU terus berbenah dalam rangka pelaksanaan Tridharma dan Caturdharma salah satunya mendorong dosen melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan menggelontorkan anggaran internal Rp2 miliar lebih, disamping kuota perolehan pembiayaan maksimal Rp15 miliar dari pemerintah karena UMSU masuk Klaster Utama dalam riset dan pengabdian kepada masyarakat dari ratusan PTS.Saat ini UMSU berposes memiliki tiga guru besar dan saat ini sudah ada tiga profesor. Kemudian, UMSU menggelindingkan program studi doktor untuk dosen yang sedang studi 78 orang dan yang sudah bergelar doktor 58 orang. Program ini untuk meningkatkan SDM dan kualitas akreditasi dari B menjadi A.

Rektor Dr Agussani mengucapkan selamat kepada wisudawan dan para orangtua yang telah memberikan kepercayaan kepada UMSU. Rektor berharap dengan ilmu dan skill yang diberikan, wisudawan dapat membuka lapangan pekerjaan. UMSU terus membangun jejaring baik dalam dan luar negeri dalam hal pengembangan kualitas pendidikan, kreativitas dan olahraga sehingga lulusan dapat bersaing.

Terakhir rektor berpesan agar wisudawan menjaga nama baik almamater dan Persyarikatan Muhammadiyah dan senantiasa berkontribusi untuk perkembangan UMSU.

Ketua Panitia Wisuda WR I Dr Muhammad Arifin Gultom mengatakan hari pertama diwisuda sebanyak 729 orang terdiri dari lima fakultas yakni Fak. Kedokteran, Fak. Teknik, Fak. Pertanian, FKIP serta Pascasarjana. Dilanjutkan besok (Rabu-red).

Prosesi wisuda para lulusan diawali dengan pembacaan ikrar dipimpin seorang mahasiswa dan pemindahan jumbai wisudawan secara resmi dipimpin oleh rektor. Rektor juga memberikan piagam kepada 18 lulusan terbaik. Sebelumnya dilakukan persembahan tanda bakti wisudawan terbaik kepada orangtua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *