Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Dr Agussani MAP resmi melantik Direktur Program Pascasarjana dan Para Wakil Dekan dilingkungan UMSU masa jabatan 2017-2021. Acara prosesi pelantikan yang digelar di Auditorium UMSU Jalan Mukhtar Basri Medan ini disaksikan PP Muhammadiyah, Drs Marpuji Ali MSi dan Sekretaris Kopertis, Dr Anshari, para Wakil Rektor, para Dekan beserta para civitas akademika UMSU, Sabtu (23/12/2017).

Usai melantik, Rektor UMSU menyampaikan rasa syukur dan menyatakan bahwa ini merupakan proses regenerasi yang berjalan baik selama ini di UMSU dan tentunya tidak terlepas dari bimbingan para pimpinan di Persyarikatan Muhammadiyah. “Ini merupakan sebuah proses yang juga dilakukan sejalan dengan mekanisme yang telah diatur oleh Majlis Dikti PP Muhammadiyah,” ucapnya.

Kepada yang dilantik, Rektor mengatakan,  bahwa bukan hanya ia dan civitas akademika UMSU yang menaruh harapan kepada yang diberikan amanah ini, bahkan seluruh  warga Muhammadiyah. “Saya harapkan kepada para saudara untuk bisa amanah dan bekerja dengan baik.Karena bukan hanya saya dan jajaran pimpinan yang lain, tapi juga seluruh warga persyarikatan akan terus memantau kinerja kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut Agussani menekankan, bahwa tantangan yang akan dihadapi kedepan pastinya akan lebih berat, terutama terkait ikhtiar bagaimana memaksimalkan capaian semua target program yang telah direncanakan.

Khusus untuk Direktur Pascasarjana yang baru, Rektor menyampaikan bahwa kepercayaan yang diberikan merupakan amanah yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Ia menilai, kedepan tantangan persaingan yang akan dihadapi akan semakin kompetitif dan berat, karenanya dibutuhkan berbagai inovasi dan pengembangan kerjasama yang serius dan total untuk memajukan Pascasarjana. “Lakukanlah kajian sebaik mungkin dalam membentuk tim yang solid dan tentunya berkomitmen untuk kemajuan,” pinta Agussani.

Kepada para para Wakil Dekan yang dilantik, Rektor mengingatkan untuk dapat bekerjasama dan bersinergi dengan Pimpinan Fakultas dan juga dengan lembaga yang berada di level Fakultas. “Tantangan kita kedepan cukup berat dalam rangka membangun UMSU kedepan. Saya yakin ini kombinasi tepat untuk menunjukan tanggung jawab dan kesyukuran,” ucapnya.

Menurutnya, tantangan besar itu adalah adanya target – target yang harus dicapai dan tidak bisa ditawar lagi,terutama terkait peningkatan Akreditasi. Dengan melihat program yang telah lama disusun bagaimana reakreditasi  institusi dari Akreditasi B  bisa menjadi A.

“Target kita dari 11 prodi yang kita usulkan dalam program reakreditasi akan terwujud dan tentunya ini akan menjadi modal utama bagi kita untuk  meraih Akreditasi Institusi A di Tahun 2019. Selain itukita memproyeksikan  peningkatan kualitas lulusan dan SDM kita serta pembinaan mahasiswa. Semua ini akan bisa kita capai jika kita bekerjasama sengan kompak dan solid,” kata Rektor.

Tak lupa pula, Rektor menegaskan bahwa jabatan yang dipikul ini merupakan amanah yang diberikan oleh Muhammadiyah, sehingga dimanapun berada harus mampu menghidupkan Muhammadiyah dengan aktif di pengajian. “Saya yakin apa yang Anda perbuat dan dapatkan selama ini di UMSU membuat andamampu melakukannya. Dan dalam kontek hubungan kolega internal tetaplah jaga silaturrahim dan  bangunlah komunikasi yang baik di antara kita semua demi memajukan UMSU kedepan,” pungkasnya

Sementara itu, DrsMarpuji Ali MSi menyampaikan harapannya agar seluruh civitas akademika UMSU bisa ikut pro aktif berkontribusi dalam mendukungnarasi besar Gerakan Muhammadiyah Berkemajuan Sepanjang Zaman.

Menurutnya, untuk mewujudkan semua itu ada 4 strategi yang bisa dijadikan panduan.

Pertama, UMSU harus menetapkan apa yang menjadi tujuan dan cita-citanya, yakni menjadi pusat keunggulan dan pusat kemajuan sesuai dengan visi dan misinya.

Jika tujuan dan cita-cita sudah ditetapkan, kata Marpuji, selanjutnya UMSU harus menindaklanjutinya dengan iktiar dan kerja keras yang ditopang oleh semangat jihad, profesionalisme, manajemen modern dan leadership yang mengedepankan keteladanan. “Lantas kemudian, jika sudah berikhtiar dengan penuh kesungguhan, selanjutnya UMSU harus mengiringinya dengan menumbuhkan sikap sabar  yang dinamis,” jelasnya.

Terakhir, strategi yang harus dilakukan oleh UMSU adalah membangun etos kebersamaan dan semangat berjamaah yang solid untuk mewujudkan semua impian yang dicita-citakan. “Saya optimis, jika 4 langkah strategi ini diamalkan dengan total dan sungguh-sungguh, Insya Allah kedepan UMSU akan semakin berkibar dan membawa kejayaan  untuk Muhammadiyah Berkemajuan,” sebutnya.

Direktur Program Pascasarjana UMSU yang baru dilantik yakni Dr Syaiful Bahri MAP menggantikan Prof Dr Edi Warman SH MHum. Adapun para Wakil Dekan yang dilantik yakni : Zailani SPdI MA (Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam), Munawir pasaribu SPdI MA(Wakil Dekan III  Fakultas Agama Islam), Dra Syamsuyurnita MPd (Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Dewi Kesuma Nasution SS MHum(Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Drs Zulfahmi MIKom (Wakil Dekan I Fakultas Sosial dan Ilmu Politik), Abrar Adhani Ssos MIKom(Wakil Dekan III  Fakultas Sosial dan Ilmu Politik), Dr Dafni Mawar Tarigan SP Msi(Wakil Dekan I Fakultas Pertanian), Muhammad Thamrin  SP MSi  (Wakil Dekan III Fakultas Pertanian), Ade Gunawan SE MSi  (Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Dr Hasrudi Tanjung SE MSi(Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Faisal SH MHum  (Wakil Dekan I Fakultas Hukum), Zainudin SH MH (Wakil Dekan III Fakultas Hukum), Dr Faisal ST MSc (Wakil Dekan I Fakultas Teknik), Khairul Umurani ST MT (Wakil Dekan III Fakultas Teknik), dr Siti Masriana Siregar Sp THT (Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran) dan dr Elama Boy S MKes (Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran). (*)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.