Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mencatat puncak prestasi kemahasiswaan di level regional, nasional sampai internasional dalam bidang olahraga, seni budaya, qari dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat sepanjang tahun 2017.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP didampingi WR III Dr Rudianto, M.Si bersama Kabiwa Radiman, SE., M.M dan Kabiro Humas Ribut Priadi, S.Sos., M.I.Kom kepada wartawan di kampus Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medana, Rabu (27/12), mengatakan, ada sekitar 50 catatan prestasimahasiswa sekaligus menunjukkan bahwa keberadaan UMSU benar-benar memberikan kontribusi dalam pengembangan potensi dan kreativitas generasi muda baik bidang olahraga, seni budaya serta prestasi akademik.

Pastinya, kata Agussani, prestasi mahasiswa ini sangat membanggakan bagi para orangtua, masyarakat dan bangsa terutama UMSU karena generasi muda yang kreatif dan berilmu menjadi modal untuk menjawab tuntutan persaingan global.Raihan prestasi mahasiswa ini juga sekaligus bukti UMSU dalam menjalankan program tri dharma dan catur dharma perguruan tinggi.

“Pembinaan dan hasil prestasi mahasiswa ini bentuk konsisten UMSU menjalankan Tridharma dan Caturdharma, maka UMSU patut bersyukur di penghujung tahun 2017, “ kata Dr Rudianto.

Menurut Rektor, membina mahasiswa berbasis kreativitas dan keilmuan yang mumpuni adalah bagian dari visi UMSU yakni menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam membangun peradaban bangsa dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan sumber daya manusia berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyaan. Untuk itu Perguruan Tinggi Muhammadiyah ini mampu mempertahankan julukan kampus dengan segudang prestasi tidak hanya pada bidang olahraga tetapi sekarang meluas dan berkembang pada bidang seni dan budaya serta akademik.

Rektor mengakui torehan prestasi kemahasiswaan ini tidak terlepas dari kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada UMSU. “Kepercayaan yang diberikan masyarakat merupakan salah satu faktor yang turut menyumbang dalam menciptakan UMSU menjadi kampus gudang prestasinya mahasiswa di Sumatera Utara,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejak awal UMSU menyadari tuntutan dan tantangan perguruan tinggi agar menghasilkan lulusan yang dinamis. Untuk itu UMSU hadir memenuhi harapan masyarakat dan dunia global tersebut.

Pembinaan mahasiswa berprestasi dari segala potensi, lanjutnya, bagian kerja keras yang masif dan konsisten serta berorientasi pada Indonesia yang berkemajuan. Untuk mendukung prestasi mahasiswa,UMSU menyediakan puluhan lembaga Unit Pengembangan Kemahasiswaan (UKM) yang aktif mulai dari olahraga, seni dan budaya sampai bidang keilmiahan.
“Semua UKM kita adakan di kampus agar mahasiswa terus mengembangkan minat dan bakatnya yang postif,” katanya.
Alhamdulillah pembinaan mahasiswa yang konsisten itu, lanjutnya,memberi dampak positif bagi mahasiswa dan kampus biru ini dalam mencetak segudang prestasi. “UMSU tidak berpuas diri justru torehan prestasi kemahasiswaan sepanjang tahun 2017 ini akan terus ditingkatkan pada tahun 2018 dan seterusnya,” katanya.

Sementara WR 3 Rudianto menambahkan saat ini UMSU terus menjajaki dan mencetak bibit-bibit muda mahasiswa yang memiliki bakat dan keilmuan untuk terus dilatih dan disiapkan untuk mengikuti agenda kegiatan baik level provinsi, nasional dan internasional.

Pengembangan olahraga, kreativitas, minat dan bakat yang berbabasis keilmuan yang yang telah sukses mengukir prestasi diantaranya, Muhammad Al Annas, Juara I pemilihan Mahasiswa Berprestasi Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara, Juara I (Emas ) cabang Gastroenteropatologi Regional Medical Olympiad, Univ lampung 2017, Juara II (Perak) cabang Muskulosketelal Regional Medical Olympiad, Univ. Lampung, Juara III Umum Regional Medical Olympiad, Univ Lampung, juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam dalam ajang temu Ilmiah Regional FoSSEI Sumbagut, Aceh, Juara III Lomba Video Ekonomi Islam dalam ajang temu Ilmiah Regional FoSSEI Sumbagut, Aceh.

Berikutnya, Juara Favorit kontes Robot Regional ,Medan, juara II National University Debating Championship Tingkat Kopertis Wilayah I Sumatera Utara, serta Sri Bunga Rizky, meraih Juara I Pemilihan Putri Indonesia Tingkat Sumatera Utara.

Kemudian prestasi level nasional ditorehkan oleh Muhammad Al Annas, Finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional, Muhammad Fahmi Tanjung, Finalis Karya tulis Ilmiah parum param Universitas Udayana, Bali, finalis National University Debating Championsip Tingkat nasional di Universitas PGRI, Pemenang Hibah pembiayaan Program Belajar Bekerja Terpadu dari Belmawa Kemenristekdikti Republik Indonesia.

Sedangkan prestasi di level internasional yakniJuara II Umum dalam ajang SouthEast Asian Univerity Karate Championship, Universitas sebelas Maret, Ahmad Naufaldy Pasaribu, The Best Member of Team dalam Ajang Asia Pasific Future Leader Conference 2017, Kuala Lumpur, Juara II (perak ) Cabang perseorangan 84 Kg pada ajang Asian Karate Federation Championship, Juara II (Perak) Cabang perseorangan -61 Kg pada ajang Asian Karate Federation Championship, Juara III (Perunggu) Cabang perseorangan -55Kg pada ajang Asian Karate Federation Championship, Juara I Kumite Putra individual -75 kg, South East Asian Karate Championship Universitas Sebelas, Nova Sinaga,Juara I Kumite Putri individual -68 kg, South East Asian Karate Championship Universitas Sebelas Maret, Fajar Al Isfahri, Juara I Kumite Putra individual -75 kg, South East Asian Karate Championship Universitas Sebelas Maret, Tri Winarni,Juara Best Of The Best Kumite Female, South East Asian Karate Championship Universitas Sebelas Maret.

Representative of Indonesia and the Finalis Global IdeaPreneur Week 2017, Kuala Lumpur Malaysia serta Ahmad Naufaldy Pasaribu, The Best Solution Idea for Nation dalam ajang Youth Enterpreneuship Symposium, National University of Singapore Bussines School, Singapore 2017.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *