Persatuan Wartawan Indonesia  Sumatera Utara (PWI Sumut) memberikan apresiasi  terhadap kemajuan dan prestasi yang telah diraih oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam mengembangkan pendidikan tinggi di Sumatera Utara.

“Perubahan UMSU sangat luar biasa, pembenahan yang dilakukan Rektor UMSU Dr. Agussani M.AP menunjukkan perubahan dan kemajuan dengan ditandai prestasi yang diraih oleh mahasiswa di bidang akademik maupun yang lainnya” ungkap Ketua PWI Sumut Hermansjah disela melakukan kegiatan meninjau sarana dan prasarana pendidikan di kampus UMSU bersama seluruh unsur pengurus PWI Sumut,  Jumat (5/1/2018)

Kunjungan unsur pengurus PWI Sumut ke kampus UMSU dilakukan usai acara Coffee Morning Civitas Akademika UMSU dengan unsur Pengurus PWI Sumut di Kampus Pascasarjana UMSU Jalan Panglima Denai Medan. Jajaran pengurus PWI Sumut yang berasal dari sejumlah media cetak dan elektonik di Medan melihat langsung fasilitas yang dimiliki UMSU diantaranya observatorium ilmu falak, computer based test serta sarana dan prasarana pendidikan.

Para pengurus PWI Sumut juga merasa tertarik dengan model manajemen kampus UMSU yang dinilai cukup modern dan dilengkapi sarana kesehatan bagi seluruh mahasiswa.

“Jarang ada kampus yang memliki klinik kesehatan dengan fasilitas yang cukup lengkap sesuai standart fasilitas kesehatan” tambah Sekretaris PWI Sumut Edward Tahir.

Sebelumnya dalam kegiatan coofee morning yang digelar di Kampus pascasarjana UMSU  Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE mengaku gembira dengan pertemuan silaturahim yang difasilitasi UMSU. Pertemuan silaturahim itu merupakan tindak lanjut kerjasama yang telah terjalin sebelumnya.

“PWI Sumut berharap kerjasama yang terjalin dengan UMSU dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang,” harap Herman.

Sementara Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr. H. Agussani MAP didampingi wakil rektor 2 Akrim M.Pd, Wakil Rektor 3 Dr. Rudianto dan Sekretaris Universitas Gunawan M.Th mengatakan, di tengah kemajuan zaman yang terus berkembang pesat, pendidikan karakter tetap menjadi konsentrasi UMSU dalam menjalankan pendidikan yang berkeunggulan di berbagai bidang termasuk masalah akhlak dan budi pekerti.

“Pendidikan berkarakter yang berlandaskan iman dan takwa akan terus menjadi konsentrasi UMSU ke depan sejalan pembenahan kampus dalam berbagai bentuk sarana dan prasarana yang representatif,” ujar Agussani.

Menurut Agussani, perkembangan positif yang dicapai UMSU tidak terlepas dari peran wartawan yang tergabung dalam wadah PWI. “Kiranya kerjasama yang terjalin dapat terus terbina dengan baik untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.

Dijelaskan Agussani, dulu UMSU berinduk ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB)  tapi kini dalam perkembangannya lebih pesat dari UMSB. Termasuk yang terbaik dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia, dan 5 tahun kedepan dari 4.000 lebih Perguruan Tinggi se Indonesia akan dibenahi atau dimerjer  menjadi 500  Perguruan Tinggi saja. Tujuannya agar lebih berkualitas.

“Ke depan UMSU juga akan berkontribusi membangun sekolah Indonesia terpadu di Meurlbern  Australia,” imbuh Agussani yang menyatakan akan terus bertekad kuat membesarkan UMSU menjadi universitas unggul di Indonesia.

Saat ini sejumlah mahasiswa UMSU sedang mengikuti magang di luar negeri antara lain Jepang, Korea dan Taiwan. “Ke depan program magang ini terus ditingkatkan,” katanya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *