Foto: Nazib
Foto: Nazib
Foto: Nazib
Foto: Nazib

Perusahaan di Jepang berminat kembali menampung mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara untuk mengikuti magang di perusahaan karena merasa puas dengan kinerja mahasiswa yang saat ini masih mengikuti magang.

“Perusahaan di Jepang yang menampung mahasiswa Fakultas Pertanian UMSU menyampaikan tertarik untuk kembali mengundang mahasiswa lainnya mengikuti program magang internasional,” ungkap Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP kepada wartawan di Medan, Sabtu (6/1).

Rektor UMSU menceritakan hasil kunjungan ke Jepang beberapa waktu lalu bersama sejumlah rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang difasilitasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ada sebanyak 12 mahasiswa FP UMSU yang saat ini masih mengikuti program magang internasional di Jepang.

Menurut Rektor, pihak perusahaan Jepang melalui perwakilan Indonesia di negara matahari terbit itu telah menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa UMSU yang mengikuti kegiatan magang internasional. “Apresiasi yang diberikan kepada mahasiswa UMSU peserta magang internasional tentu sangat membanggakan, apalagi membuka peluang kepada mahasiswa lainnya untuk mengikuti program serupa,” katanya.

Dijelaskan, peserta magang internasional di Jepang mendapatkan fasilitas cukup baik karena selain mendapat pengalaman bekerja juga mendapatkan uang saku yang jumlahnya cukup lumayan sebagai modal. Para peserta magang internasional juga mendapatkan peluang untuk berkarir di jepang setelah menyelesaikan perkuliahan.

Sebelumnya Rektor UMSU melepas 561 peserta praktek kerja lapangan Fakultas Pertanian ke sejumlah perusahaan perkebunan di Sumut dan Riau. Upacara pelepasan dilakukan, Rabu (3/1) di halaman kampus Jalan Mukhtar Basri dihadiri Sekertaris Universitas, Gunawan, SPdI, MTH, Dekan, Ir Asrita Narni Munar, MP dan WD 3, Muhammad Thamrin, SP, MSi.

Dalam kesempatan itu, rektor berharap, peserta PKL di perusahaan bisa membawa nama baik universitas dengan menjaga sikap dan prilaku. Menurutnya, kesempatan magang merupakan bentuk kepercayaan dari perusahaan yang harus dijaga.

Dia juga mengingatkan mahasiswa untuk sungguh-sungguh menimba pengalaman dan belajar selama mengikuti PKL karena besar manfaatnya dan tidak menutup kemungkinan bisa lolos mengikuti magang internasional ke Jepang. “Mudah-mudahan PKL yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara, Dekan Fakultas Pertanian, Ir Asrita Narni Munar,MP mengungkapkan,peserta PKL diharapkan bisa memperaktekan ilmu yang diperoleh di kampus. Para peserta PKL juga membuka peluang untuk memuaskan rasa ingin tahu dengan belajar langsung di lapangan.

Dijelaskan pula, seluruh peserta PKL FP UMSU juga mendapatkan asuransi sesuai saran dan masukkan perusahaan penerima.”Mudah-mudahan ini bisa jadi menumbuhkan ketenangan bagi mahasiswa dan keluarga,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.