Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bersaing menunjukkan bakat dan kemampuan di Pekan Kreatifitas Mahasiswa 3 yang diselenggarakan untuk menyambut milad ke 61 UMSU.

PKM 3 UMSU dibuka, Senin (12/2) oleh Rektor Dr Agussani, MAP diwakili Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan, Dr Rudianto, MSi.  yang diperlombakan yakni, MTQ (Tilawah dan Tahfiz 5 Juz), Ilmiah Mahasiswa (PKM, Mawapres, Bussiness Plan dan Produk Kreatif), Seni dan Budaya (Vocal Solo, Tari dan Puisi) serta Debat Bahasa Inggris. Selain melibatkan mahasiswa PKM 3 juga mengundang siswa SMA di Medan untuk unjuk kebolehan.

Menurut Rudianto, PKM 3 merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan kreatifitas dan kemampuan di bidang akademik dan seni budaya. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai sarana untuk menjaring mahasiswa untuk ikut seleksi perlombaan di tingkat nasional dan internasional.

“Melalui PKM 3 diharapkan akan didapatkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan internasional,” katanya.

Berkaca dari kegiatan PKM sebelumnya, dari berbagai cabang yang diperlombakan para pemenang ternyata terbukti mampu menjadi duta-duta UMSU untuk ikut kejuaraan di sejumlah cabang di level nasional, bahkan internasional. Makanya even ini kemudian ditetapkan digelar rutin setiap tahun selain untuk memeriahkan milad UMSU.

UMSU berdiri 27 Februari 1957, dengan visi membangun peradaban bangsa dengan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan sumber Daya manusia berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.UMSU yang sekarang ini bermula dari lahirnya fakultas Falsafah dan Hukum Islam Muhammadiyah (FAFHIM) yang kemudian menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Sumatera Utara pada tahun 1968, mengasuh 3 (tiga) fakultas yakni Ilmu Pendidikan, Ilmu Agama Jurusan Dakwah dan Fakultas Syariah.

Perjalanan panjang UMSU akhirnya membawa pada kemajuan seperti sekarang ini menjadi salah satu universitas swasta terbesar di luar pulau Jawa dan masuk dalam jajaran PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) terkemuka di Indonesia. “Tentunya ini harus kita syukuri. Namun capaian ini tidak muncul begitu saja.Prestasi UMSU hari ini merupakan buah dari perjuangan dan kerjakeras dan menjadi ikhtiar kita bersama selama ini,” kata Rudianto.

Menurut dia, ke depan tantangan yang akan dihadapi oleh dunia Perguruan Tinggi akan semakin besar. Menurutnya, untuk bisa bersaing dalam kancah persaingan global yang semakin ketat itu, mau tidak mau PT dalam negeri harus serius mempersiapkan diri, yakni dengan terus meningkatkan kualitas.

Rudianto berharap kedepan UMSU terus berjaya dan semakin dipercaya oleh masyarakat, selaras dengan mottonya Unggul, Cerdas dan Terpercaya.”Saya optimis, dengan dedikasi yang tinggi, pengabdian yang tulus serta soliditas yang kuat semua tantangan akan bisa kita hadapi. Dan Insya Allah apa yang kita cita-citakan bersama akan dapat terwujud,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, UMSU ke depan akan lebih dikembangkan untuk menarik minat mahasiswa asal luar negeri. Sejalan dengan PKM, UMSU juga menggelar pameran di wilayah selatan Thailand dengan difasilitasi Konsulat Jenderal RI di Songkhla. Untuk saat ini baru sekitar 11 mahasiswa asal Thailand yang menimba ilmudi UMSU.

“Diharapkan minat mahasiswa luar negeri khususnya asal Thailand bisa lebih berkembang dengan memberikan banyak informasi melalui even pameran dan kerjasama internasional,”katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.