SERAHKAN SK : Bupati Kampar Aziz Zainal SH.MM didampingi Wakil Bupati Catur Sugeng menyerahkan surat keputusan kepada Dr Agussani sebagai Ketua Pengurus Ikatan Keluarga Kampar Sumut di Auditorium UMSU, kemarin. Seribuan warga kampar yang bermukim di Sumut mendukung sepenuhnya program kerja pasangan Aziz Zainal dan Catur Sugeng untuk membangun Kabupaten Kampar. Analisa/ said harahap
SERAHKAN SK : Bupati Kampar Aziz Zainal SH.MM didampingi Wakil Bupati Catur Sugeng menyerahkan surat keputusan kepada Dr Agussani sebagai Ketua Pengurus Ikatan Keluarga Kampar Sumut di Auditorium UMSU, kemarin. Seribuan warga kampar yang bermukim di Sumut mendukung sepenuhnya program kerja pasangan Aziz Zainal dan Catur Sugeng untuk membangun Kabupaten Kampar.

Bupati Kabupaten Kampar, H Aziz Zainal mengatakan Kampar akan menjadi kabupaten industri sesuai dengan visi menjadi kabupaten Kampar menjadi daerah industri yang berbasis pertanian dan perkebunan modern.

“Kami baru memimpin Kabupaten Kampar selama 8 bulan tetapi satu persatu program telah diselesaikan. Di antaranya berusaha membangun kabupaten Kampar menjadi daerah industri. Kita berharap banyak berdiri pabrik-pabrik. Alasannya agar anak-anak Kampar bisa bekerja dan tidak menjadi pengangguran,” kata Aziz Zainal saat menghadiri syukran putra terbaik Kampar menjadi Bupati Kampar dan Walikota Pekan Baru, Firdaus maju menjadi jalu Gubernur Riau dan pengukuhan Ikatan Keluarga Kampar Sumatera Utara (IKK-Sumut) di Auditorium Kampus III UMSU, Jalan Muktar Basri Medan, Minggu (18/2).

Acara syukuran dan pengukusan IKK Sumut sangat meriah. Hadir ribuan warga Kampar yang berada di Sumatera Utara seperti dari Belawan, Siantar, Besitang, Tanjung Pura, Langkat dan daerah-daerah lainnya. Bahkan, Bupati hadir bersama rombongannya lengkap, mulai dari Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, kepala dinas, dan tokoh-tokoh masyarakat Kampar. Semua undangan larut dalam mengikuti acara yang dihibur dengan musik dan tarian nuansa Melayu.

Aziz Zainal saat memberikan sambutan didampingi wakilnya, Catur Sugeng Susanto, SH. Dia mengatakan, modernitas pertanian dan perkebunan dilakukan agar hasil produksi pertanian dan perkebunan di Kampar mengalami peningkatan. Makanya, dari berbagai terobosan hasilnya positif dan kenaikannya signifikan. Sedangkan terkait infrastruktur, saat ini sedang dibangun 23 jembatan dan 7 di antaranya sudah bisa dinikmati masyarakat.

Sektor lain yang menjadi fokus pengembangan yakni sektor pariwisata, sejumlah potensi wisata seperti air terjun dan potensi lain akan dibangun. Di antaranya membangun kota menghadap ke sungai atau laut. “Pembangunan Islamic Center juga disempurnakan. Pemkab Kampar telah menganggarkan Rp2 miliar untuk pembangunannya,” ucap Aziz Zainal.

Dirinya juga menyebutkan sejumlah prestasi atas kinerjanya di antaranya laporan keuangan terbaik, dan menyerahkan pasar-pasar sebanyak 101 pasar yang sebelumnya dikelola pemerintah kabupaten. Kini, diserahkan ke pemerintah desa. Untuk SDM dan perhatian terhadap agama, Pemkab Kampar telah mengumrohkan guru ngaji, tokoh agama dan setiap tahun 100 orang.

Di hadapan masyarakat Kampar yang tinggal di Sumut, Aziz Zainal yang pernah menempuh pendidikan di Sumatera Utara dan bekerja di Sumut mengajak agar masyarakat Kampar yang sukses mengingat kampung halaman dan ikut membangun. Dengan semua perantau berpartisipasi dan peduli maka Kampar akan menjadi kabupaten yang maju. Apalagi, sebagai daerah yang memiliki jumlah penduduk terbesar kedua setelah Kota Pekan Baru, potensi Kampar untuk maju sangat besar. “Atas perhatian hadir pada syukuran ini. Saya berjanji membantu kegiatan-kegiatan terkait Kampar di perantauan bahkan akan mengirim tim kesenian jika ada kegiatan tentang masyarakat Kampar di Sumut,” katanya.

Sebelumnya, Rektor UMSU, Dr Agussani yang dikukuhkan menjadi Ketua Ikatan Keluarga Kampar Sumatera Utara mengucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan menakhodani organisasi masyarakat Kampar di perantauan. Dengan kekuatan dan kemampuan yang dimiliki dirinya siap untuk berjuang membesarkan kabupaten Kampar.

Menurutnya, ada banyak kader-kader dari Kampar yang dipercaya memegang amanah memimpin institusi baik perguruan tinggi maupun di Kopertis. Makanya, amanah itu akan terus diemban untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan Kampar ke depan.

Pantauan  di lapangan, syukuran putra terbaik Kampar menjadi bupati dan calon gubernur tersebut tampak meriah dengan penampilan tari-tarian yang dibawakan penari dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari. Bupati tidak mau ketinggalan turut menyumbangkan suara emasnya dengan berduet dengan mahasiswa UMSU yang pernah menjadi peserta kompetensi dangdut di salah satu televisi swasta. (maf)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.