Ditandai dengan pengguntingan pita oleh Konsulat Muda Jepang, Daiki Yokoyama bersama Wakil Rektor I UMSU, Dr. Muhammad Arifin SH M.Hum, “Japan Corner” di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) diresmikan. Peresmian ini menambah koleksi lapak baca Perpustakaan UMSU yang sebelumnya sudah memiliki BI (Bank Indonesia) Corner dan KUI (Kantor Urusan Internasional) Corner.

Peresmian Japan Corner yang dilaksanakan di salahsatu sudut ruangan Perpustakaan UMSU Lt. III Gedung Utama Kampus UMSU Jl. Kapt. Mukhtar Basri Medan ini terbilang sangat unik dan menarik, karena panitia yang menyambut tamu dan pengunjung mengenakan “Kimono”, busana tradisional khas Jepang.

Sambil menikmati jamuan minum teh ala Jepang yang sangat khas dan penuh keakraban, Daiki Yakoyama mengungkapkan apresiasinya tentang Perpustakaan UMSU. Ia mengatakan Perpustakaan UMSU sangat bagus dan ia begitu terkesan. Kedepan, ia berkomitmen pihaknya akan terus membangun bekerjasama dengan Perpustakaan UMSU. “Kita akan bantu menyuplai bahan-bahan literasi berupa dokumen-dokumen, buku-buku tentang kebudayaan Jepang untuk menambah koleksi Perpustakaan UMSU. Mudah-mudahan ini bermanfaat,” ujarnya, Selasa (27/2/2018).

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UMSU Muhammad Arifin SPd MPd mengatakan, kehadiran Japan Corner diharapkan bisa menjadi daya tari bagi mahasiswa UMSU untuk mengunjungi perpustakaan. “Tentunya Japan Corner ini sangat bermanfaat. Di sini Mahasiswa UMSU dapat langsung mengakses berbagai informasi terutama untuk menambah wawasan mahasiswa tentang budaya Jepang,” kata Arifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *