Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)  menjalin kerjasama (MoU) dengan  Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) – PTIK dan Polda Sumatera Utara. Penandatangannan Perjanjian kerjasama ini dilakukan oleh Rektor UMSU Dr Agussani MAP yang diwakili WR III Dr. Rudianto MSi, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw dan Ketua STIK Lemdikpol  Brigjen Remigus Sigid Tri Hardjanto yang diwakili Waket Bid Kermadinmas Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yudawan R SH MH.
Dalam sambutannya Ketua STIK Lemdikpol  Brigjen Remigus Sigid Tri Hardjanto yang diwakili Waket Bid Kermadinmas Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yudawan R SH MH mengatakan, bahwa tujuan perjanjian kerjasama ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas akademik calon mahasiswa STIK-PTIK yang sedang bertugas di kewilayahannya. “Kerjasama ini kita lakukan di seluruh Indonesia. Dan hari ini kita menjalin kerjasama dengan 10 perguruan tinggi se-Sumatera yang merupakan Rayon I,” ujarnya di Aula Catur Prasetya Mapolda Sumut Jl. Sisingamangaraja Km. 10,5 No. 60 Medan, 28 Maret 2018.

Untuk mencapai tujuan kerjasama tersebut, lanjutnya, maka kesepakatan yang akan dikembangkan meliputi; pertama, mengidentifikasi dan merumuskan masalah sosial yang berkait dengan fungsi dan kelembagaan kepolisian sesuai dengan karakteristik daerahnya. ” Kedua, melakukan penguatan pemahaman calon mahasiswa STIK-PTIK yang berkaitan dengan dasar-dasar ilmu administrasi, manajemen, ilmu sosial, politik, ilmu hukum serta ilmu pendukung lainnya,” jelas Yudawan.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw mengaperesiasi pelaksanaan perjanjian kerjasama ini. Dia mengungkapkan, kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka mendukung program PROMOTER  yang digagas  Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, yakni Polisi yang Profesional, Modern dan terpercaya. ” Ada 11 program prioritas dalam Promoter itu, dan yang kita laksanakan hari ini adalah terkait poin ke 4, yakni tentang pentingnya peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan,” jelasnya.

Sedangkan WR III UMSU Dr. Rudianto MSi dalam keterangan pers mengungkapkan, bahwa UMSU merasa bangga bisa menjalin kerjasama dengan  STIK-PTIK dan Poldasu. Rudianto berharap kerjasama ini kedepan nanti bisa lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi.

Adapun poin kesepakatan kerjasama yang tertera dalam lembaran MoU itu  antara lain: (1) Pihak Pertama (STIK-PTIK) mengajukan permintaan tenaga konsultan akademik kepada pihak kedua (UMSU). (2) Kemudian membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada anggota Polri yang akan mengikuti pendidikan di STIK-PTIK. (3) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa STIK-PTIK untuk memperoleh peningkatan kualitas akademik oleh UMSU, sehingga calon mahasiswa sebelum masuk STIK-PTIK memiliki kualitas akademik yang memadai. (4) Melakukan evaluasi atas hasil konsultasi akademik yang telah dilaksanakan oleh UMSU, sebagai masukan pelaksanaan untuk proses konsultasi selanjutnya.

Perguruan Tinggi Se-Sumatera (Rayon I) yang melakukan penandatangan  kerjasama dengan STIK-PTIK diantaranya; Unsyiah Banda Aceh, UMSU Medan, UNRI Pekanbaru, Universitas Andalas padang, Universitas Putra Batam Kepri, Universitas Jambi, Universitas Sriwijiya Palembang, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu dan Universitas Bangka Belitung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.