Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali menunjukkan taringnya di  bidang Program KreativitasMahasiswa (PKM). 13 proposal PKM UMSU secara resmi didanai oleh Direktorat Jenderal PendidikanTinggi (Dikti) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan (Kemenristekdikti) RI.

“Kopertis sangat mengapresiasi prestasi ditorehkan PKM UMSU ini,” kata Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut, Prof. Dian Armanto ketika dihubungi, Rabu (4/4) menanggapi prestasi yang diraih PKM UMSU tersebut.

Dia mengatakan, ini merupakan pencapaian luar biasa yang di raih UMSU sebagai salah satu PTS terbaik di Sumut. Ini merupakan kemajuan dan prestasi bagi UMSU dalam mengembangkan pendidikantinggi di Sumatera Utara. Prestasi ini membuktikan budaya akademik, inovasi dan kreativitas sudah berjalan baik di UMSU.

“Pembenahan dilakukan Rektor UMSU Dr. Agussani menunjukkan perubahan dan kemajuan luar biasa bagi UMSU, hal ini ditandai dengan prestasi mahasiswa UMSU ini. Tidak saja di bidang akademik, di luar bidang akademik UMSU juga banyak menorehkan tinta emas,” ungkap Prof. Dian Armanto.

Prof Dian Armanto mengatakan, deretan prestasi yang terus diraih sivitas UMSU, baik  mahasiswa maupun dosententu membuat UMSU berpotensi meraih akreditasi A.”Kita pantas menyampaikan selamat kepada UMSU,” tegasnya. Ini merupakan kebanggaan akademik. Mudah-mudahan dapat menjadi pemicu dan pemacu untuk diikuti PTS lain.

Dia mengakui, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras, persiapan yang baik dan kerja yang sistemik dan terstruktur. “Jadi, ini merupakan pembelajaran sebagai motivasi pemicu dan pemacu bagi sivitas UMSU,” tegasnya.

Dia mengatakan, PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Ristek Dikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa di Perguruan Tinggi.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Keaktifan dan kemauan mahasiswa untuk menulis proposal PKM tidak bisa dilepaskan dari peranan dosen.

Karena itu, katanya, perguruan tinggi harus memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi, salah satunya kepada mahasiswa yang proposal PKM nya disetujui.

Mahasiswa adalah agen perubahan bangsa, yang patut dikembangkan potensinya sehingga mampu mencari solusi terhadap permasalahan bangsa. Saatnya lebih banyak mahasiswa yang berprestasi dan diakui ditingkat nasional dan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *