Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Cynthia Hadita lolos ke Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2018 tingkat Nasional. Cynthia menjadi duta nasional ajang itu setelah berhasil meraih juara 1 di tingkat Kopertis Wilayah I Sumut.

Makalahnya berjudul Optimizing The Management of Zakat Civil State Apparatus in Poverty Alleviation (Optimalisasi Zakat Aparatur Sipil Negara Guna Pengentasan Kemiskinan) menggungguli 32 peserta dari beberapa PTS di lingkungan Kopertis Wilayah I Sumut.

Kopertis Wilayah I Sumut menyatakan mengapresiasi atas prestasi mahasiswi UMSU yang meraih juara 1 Pilmapres tingkat Kopertis tahun ini yang nantinya akan mewakili di tingkat Nasional pada Agustus 2018.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto menilai keberhasilan mahasiswi semester VI Fakultas Hukum UMSU itu sebagai lanjutan atas prestasi-prestasi lainnya yang selalu meraih juara dalam setiap ajang Pilmapres Kopertis Wil I sebelumnya.

”Kami mengapresiasi kemenangan yg diraih mahasiswa UMSU pada pilmapres. Ini menandakan kegiatan kemahasiswaan berjalan dgn baik termasuk budaya ilmiah dan penelitiannya,” kata Dian Armanto ketika dihubungi, Rabu (11/4).

Menurut Dian Armanto mahasiswa UMSU tersebut layak sebagai juara mulai dilihat makalah yang dipresentasikannya. UMSU, kata Dian Armanto, merupakan lembaga yang menjaga kualitas pembelajaran. Itu bisa dilihat dengan prodi-prodi A yang diraihnya.

”Jadi dengan berbagai prestasi itu tidak tertutup kemungkinan UMSU akan menjadi PTS terbaik di Sumut. Demikian juga akan meraih akreditasi A pada akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT),” ungkapnya.

Cynthia Hadita ketika ditemui di UMSU, Rabu (11/4) mengaku bahagia bisa meraih juara 1 dalam Pilmapres 2018 itu. Dia menduga kemenangannya di ajang itu karena judul makalah yang dipresentasikannya memang aktual saat ini.

Didampingi dosen pemimbingnya, Nursariani Simatupang, Cynthia menuturkan persiapan untuk mengikuti kompetisi itu sudah dilakukan beberapa bulan menjelang Pilmapres 2018 digelar.

”Memang, persiapan sudah dilakukan sebelum mengikuti seleksi tingkat universitas pada Februari 2018. Sebelumnya itu pun saya sudah mendapat bimbingan,” ungkapnya.

Dituturkannya, setelah lolos seleksi di tingkat universitas, Cynthia kerap melakukan diskusi intens dengan dosen pembimbingnya sebagai persiapannya untuk tingkat Kopertis.

Dosen pemimbing Nursariani Simatupang menuturkan, dalam membimbing mahasiswanya itu, dirinya mengoptimalkan presentasi makalah yang dibuat. Sebab, makalah yang bagus juga harus dibarengi dengan cara penyampaian atau presentasi yang bagus pula.

Nursariani mengaku dirinya meminta masukan dari pimpinan universitas untuk mendukung mereka mendulang kesuksesan di Pilmapres 2018 tingkat nasional.

Rektor UMSU Dr Agussani MAP melalui Kahumas UMSU Ribut Priadi M.Ikom menyatakan pihak universitas pasti memberi dukungan penuh sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa yang menorehkan prestasi ”Ini bukan prestasi pertama yang dipersembahkan mahasiswa UMSU kepada universitasnya di ajang yang sama,” ujar Ribut.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *