Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) sekarang genab berusia tiga tahun.  Kendati  masih seumur jagung, sejauh ini OIF UMSU telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mampu membuktikan eksistensinya sebagai salahsatu ikon yang dibanggakan UMSU.

Dalam rangka memeriahkan gebyar  miladnya yang ke-3, OIF UMSU menggelar sejumlah kegiatan , seperti Bedah Buku “Khazanah Astronomi Islam Abad Pertengahan” karya  Dr. Arwin Juli Rahkmadi Butar-butar MA (Kepala OIF UMSU), Launching Toko OIF UMSU, Pameran Buku Karya Tim OIF UMSU dan Perlombaan Cerdas Cermat  Astronomi.  Semua rangkaian kegiatan dipusatkan di Gedung Pascasarjana UMSU Jl. Denei No. 217 Medan, Kamis (12/4/2018).

Saat membuka acara Resepsi Milad OIF UMSU ke-3 , Rektor UMSU yang diwakili oleh Sekretaris Universitas Gunawan S.Pd.I  M.TH mengungkapkan apresiasinya atas capain prestasi  yang diraih OIF UMSU di usianya yang ke tiga tahun ini. “Bagi kita (UMSU-red), OIF adalah sebuah kebanggaan. OIF juga sudah menjadi ikon bagi UMSU,” ujar Gunawan.

Ke depan, Gunawan berharap OIF UMSU bias terus  menegaskan eksistensinya menjadi pusat pengkaderan, penelitian, pemikiran dan pengkajian Ilmu Falak yang memadukan khazanah Islam dan sains modern. ”Kita berharap OIF UMSU menjadi spirit pendorong kemajuan yang bisa terus berkontribusi untuk kemajuan UMSU dan kemaslahatan persyarikartan, Islam dan bangsa,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala OIF UMSU Dr. Arwin Juli Rahkmadi Butar-butar MA  membeberkan sejumlah progres yang telah dicapai lembaga yang dipimpinnya selama tiga tahun ini. Dari sisi pengadaan alat, kata Arwin, Alhamdulillah terus bertambah, walaupun tidak terlalu signifikan, diantaranya ada penambahan teleskop 1 unit, alat pendeteksi waktu subuh (SQM). “ Dan yang paling penting adalah penambahan fasilitas  yang namanya Toko OIF UMSU, yang di situ kita menjual instrument-instrumen astronomi yang lebih fokus untuk kalangan anak sekolah. Jadi untuk kota Medan, yang mau mencari alat-alat astronomi klasik atau kontemporer yang sedang atau sederhana kita sediakan. Selain itu kita juga menyediakan bahan-bahan literasi berupa buku-buku ilmu falaq,” sebut pakar Ilmu Falak jebolan Institute Of Arab Research and Studies Cairo ini .

Untuk kedepan, lanjut Arwin,  OIF UMSU sudah merancang sejumlah gagasan program guna pemantapan OIF UMSU. Di antaranya yang sudah direncanakan itu adalah pembangunan  Observatorium Cabang di Barus Tapanuli Tengah.  Kemudian wacana tentang pendirian program studi Ilmu Falak di UMSU. “Selain itu, tentunya kita akan terus melakukan penguatan internal, terutama meningkatkan kualitas SDM petugas kita untuk melayani  kunjungan tamu yang hari ke hari cenderung kian bertambah banyak,” kata Arwin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.