Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) meraih juara I pada Lomba Perpustakaan Terbaik Sumatera Utara Tahun 2018 kategori universitas.

Demikian surat resmi Dinas Perpustakaan danArsip Sumatera Utara Nomor: 041/998/DPA/IV/2018 tentang Pengumuman Pemenang Lomba Perpustakaan dan Penyerahan Hadiah tertanggal 16 April 2018. Untuk penyerahan hadiah lomba perpustakaan terbaik dilaksanakan Senin, 23 April 2018 di Hotel Antares Medan, Jalan Sisingamangaraja Medan yang ditandatangai Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut, Ferlin H Nainggolan.

Rektor , Dr Agussani, MAP mengatakan, prestasi yang diraih perpustakaan UMSU sangat membanggakan karena membuktikan kerja keras dan kreatifitas pengelola mendapatkan apresiasi terbaik. Namun yang paling membanggakan sebenarnya adalah prestasi yang dicapai bisa jadi motivasi untuk terus menumbuhkan budaya literasi di kalangan mahasiswa.

“Prestasi yang dicapai perpustakaan UMSU patut disyukuri karena ikut membawa nama baik universitas dan apresiasi yang diberikan hendaknya jadi motivasi bagi pengelola,” kata Rektor didampingi Plt Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin, MPd dan Humas UMSU Ribut Priadi, M.IKOM,kepada wartawan di Kampus Utama, Jalan Muktar Basri Medan, Rabu (18/4).

Rektor juga mengingatkan pengelola perpustakaan agar tidak cepat merasa puas dengan prestasi yang diperoleh karena tantangan yang dihadapi ke depan akan semakin berat. Pengelola perpustakaan dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan layanan karena perkembangan teknologi komunikasi yang demikian pesat menjadi tantangan tersendiri dalam menumbuhkan budaya literasi khususnya di kalangan mahasiswa.

Sementara Plt Kepala Perpustakaan, Muhammad Arifin menjelaskan, prestasi juara I tahun 2018 bukan yang pertama diraih UMSU. Perpustakaan UMSU sebelumnya juga pernah meraih prestasi terbaik yakni Juara I Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Tingkat Sumut pada Tahun 2010.

Untuk menjadi terbaik, ada tiga tahapan yakni penilaian data instrument, peninjauan langsung tim juri ke perpustakaan yang masuk nominasi, dan presentasi dan wawancara untuk lima nominasi. “Dari ketiga penilaian tersebut Perpustakaan UMSU meraih nilai terbaik 597 point dibandingkan perpustakaan perguruan tinggi swasta lainnya,” katanya.

Dalam presentasi, Perpustakaan UMSU Perpustakaan UMSU berusaha tampil maksimal dengan menurunkan tiga orang dalam satu tim dipimpin Plt Kepala Perpustakaan UMSU, Koordinator Perencanaan Pengembangan dan IT Perputakaan, Azharryandi Arman, S.Sos,dan Koordinator Perpustakaan Pascasarjana UMSU, Isva Khairi, S.Sos. Ketiga kompak mengenakan pakaian seragam.

Materi presentasi profil perpustakaan dan kegiatan/pemanfaataan perpustakaan. Untuk profil materi disajikan dalam bentuk video profil, perpustakaan sedangkan kegiatan/pemanfaatan perpustakaan presentasi powerpoint.

Disampaikan, Perpustakaan UMSU sebagai Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki peran yang tidak terlepas mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat). Makanya, UPT Perpustakaan UMSU menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak di antara dengan dosen dan lembaga-lembaga yang berada di kampus. Untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, UPT Perpustakaan UMSU bekerja sama dengan dosen agar dalam pengajaran tidak lupa menjadikan perpustakaan sebagai sumber mencari referensi, melakukan penelitian dengan topik-topik terkait perpustakaan dan saat pengabdian masyarakat perpustakaan menjadi bagian untuk dikembangkan di sekolah-sekolah yang perpustakaan belum berkembang dan tersentuh pelatihan.

Program Unggulan

Perpustakaan UMSU mengembangkan 4 program unggulan. Pertama, face lift. Artinya, sangat dimaklumi baik setiap dari kita menyukai sesuatu yang indah atau bagus. Masyarakat umum dan pemustaka tidak melihat secara langsung proses di dalam perpustakaan. Mereka akan melihat tampilan perpustakaan dari luarnya terlebih dahulu sehingga berkeinginan untuk mengenal dan berkunjung kedalam perpustakaan. Maka face lift perpustakaan sangat penting untuk mengambil hati agar pemustaka umum singgah dan memamfaatkan fasilitas yang ada.

Kedua, modernisasi pelayanan administrasi terhadap pemustaka. Maka, staf administrasi diminta cekatan dalam memberi pelayanan dibantu sistem yang akurat dan lengkap berbasis online sehingga pelayanan di perpustakaan UMSU sangat mempermudah segala urusan surat menyurat.

Program Ketiga, care service. Program ini mewajibkan pustakawan dan tenaga pengelola perpustakaan memiliki tanggungjawab penuh atas ‘laku tidaknya’ koleksi bahan perpustakaan dimanfaatkan pemustaka. Maka seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, pustakawan yang handal mutlak adanya. “Perpustakaan UMSU terus meng-upgrade pengetahuan pustakawan dan tenaga pengeloa perpustakaan melalui program internal dan eksternal sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan menjaganya dengan menerapkan, “Senyum, Salam, Sapa, Peduli, Perhatian, Sopan Santun dan Terimakasih”,” katanya.

Program keempat yakni relawan perpustakaan. Keberadaan relawan perpustakaan menjadi satu kelebihan dan tidak ada dimiliki perpustakaan lain di Sumatera Utara. Relawan Perpustakaan memiliki tugas membantu pekerjaan pustakawan khususnya checking counter dan shelving. Relawan ini juga berpartisipasi dalam mendorong terjadinya peningkatan minat baca mahasiswa di UMSU,” katanya.

Keunggulan lain, perpustakaan UMSU telah memiliki perpustakaan digital dimana civitas akademika UMSU bisa membaca buku dengan mendownload di playstore.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.