Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Rabu (18/4), menyosialisasikan Panduan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Perguruan Tinggi  Edisi XII tahun 2018 dengan narasumber Dr Eko Agus Suyono, M.App.Sc selaku reviewer PkM nasional dari UGM.
Acara yang dimoderatori oleh Sekretaris LP2M UMSU Riza Zarzani, M.Hum, dibuka oleh Rektor Dr Agussani, MAP diwakili WR I Dr Muhammad Arifin Gultom. Turut hadir Ketua LP2M UMSU Dr Muhammad Said Siregar, Direktur Pascasarjana Dr Syaiful Bahri dan dosen peneliti dari setiap fakultas S1 dan S2 di lingkungan UMSU.
WR I Dr Muhammad Arifin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan  untuk meningkatkan kualitas riset dan PkM dosen di lingkungan UMSU. Untuk itu, LP2M memperkenalkan buku panduan terbaru yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti untuk membantu para dosen menyelaraskan penelitiannya dengan ketentuan baru.
Sebelumnya, Ketua LP2M Dr Muhammad Said Siregar mengatakan antusias dosen/peneliti tinggi  mengikuti kegiatan ini karena ingin proposalnya memenangi hibah pemerintah dan internal UMSU. Untuk itu, para dosen diberi kiat sukses dari reviewer nasional sekaligus gambaran skema PkM tambahan yang diatur di Buku Panduan XII. Diketahui pada Buku Panduan XII ada beberapa skema yang dimerger sehingga jumlah skema/hibah tetap 10 skema atau sama dengan Buku X dan XI.
Reviewer PkM Kemenristek Dikti Dr Eko Agus Suyono, M.App.Sc dalam paparannya mengapresiasi UMSU  menyelenggarakan kegiatan ini, sebab tidak banyak perguruan tinggi  swasta yang mendorong dosennya melakukan riset dan PkM. Dengan cara ini, lanjutnya,  UMSU akan menjadi perguruan tinggi yang mengakar di masyarakat karena menaruh perhatian dan memberikan kontribusi kepada masyarakat di daerah.
Dr Eko Agus Suyono senang UMSU masuk sebagai cluster utama dalam bidang riset dan harus meningkatkan lagi statusnya pada bidang PkM. Untuk itu dalam paparannya dia menunggu proposal para dosen UMSU untuk bersaing memenangi lebih banyak lagi skema baru PkM sebagaimana kiat-kiatnya sudah diberikan.

1 Comment

  • Semoga pak dosen tambah sukses di masa depan. Amiiiin.

    Saiful Arif Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *