Acara launching Penmaru UMSU tahun ini fenomenal dan disambut gegap gepita oleh ratusan calon mahasiswa baru yang hadir di Auditorium Kampus UMSU Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medan, Kamis (26/4).

Rektorat menekan tombol tanda dimulai launching Penmaru 2018/2019  dan dimeriahkan artis ibukota Virzha, Iga Azwika dan syuting Film Romansa Danau Toba dibintangi Bastian Steel serta tampilan tari UKM UMSU yang telah menginternasional.

Penyanyi Indonesia Virzha dengan nama lengkap Muhammad Devirzha tampil nyentrik. Dengan bergaya panggung yang kocak, Virzha membawa enam  judul lagu di antaranya  “Aku Lelakimu”, “Kita Yang Beda” dan “Separuh Nafasku”.  Dengan karakter yang populer ditambah suara yang berat dan  beraliran pop rock mirip musisi Ahmad Dhani itu, membuat pengunjung histeris, apalagi saat Virzha mengatakan ingin mencari jodoh di acara launching Penmaru. Di sela bernyanyi, Virzha menggaet seorang calon mahasiswi.

Dia menyampaikan UMSU selalu berada di hatinya karena UMSU keren dan terbukti menjadi kampus gudangnya orang berbakat. Juara ketiga ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim kedelapan pada tahun 2014 ini, menjadi rebutan para pelajar SMA, mahasiswa dan calon mahasiswa yang ingin berswafoto.

Sebelumnya, Iga Azwika dan dan kemudian Bastian Steel  turut  menarik perhatian ratusan pengunjung.

Acara spektakuler ini dibuka langsung oleh Rektor UMSU dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor I UMSU Dr. Muhammad Arifin SH MHum didampingi WR II Akrim SPdI MPd dan Sekretaris Universitas Gunawan SPdI MTh yang ditandai dengan pemencetan tombol sirine.
Dalam sambutannya, Arifin menjelaskan, acara Launching Penmaru UMSU 2018 sengaja digelar untuk memberikan informasi seputar penerimaan dan tata cara pendaftaran bagi mahasiswa baru. “Selama ini cukup banyak pertanyaan masyarakat sehingga dengan acara ini diharapkan mereka yang ingin mendaftar masuk menjadi mahasiswa baru bisa hadir sekaligus menyaksikan penampilan para penyanyi papan atas Indonesia itu,” ujarnya.

Lebih lanjut Arifin menyampaikan, bahwa penerimaan mahasiswa baru UMSU periode akademik 2018/2019 sebenarnya sudah dimulai sejak awal April melalui website penmaru.umsu.ac.id dan sebagian pendaftar telah melakukan ujian dengan computer base test. “Sebagian pendaftar datang langsung ke kampus UMSU Jalan Mukhtar Basri yang kebanyakan diantaranya berasal dari lulusan SMU Tahun 2017,” sebutnya.

Saat ini ada enam program studi di UMSU yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT, yakni, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Agama Islam, Manajemen Bisnis Syariah dan Pendidikan Akuntansi. “Untuk mendapatkan akreditasi Prodi A ini tentu bukan perkara mudah dan merupakan buah dari kerja keras, makanya kehadiran para penyanyi papan atas Indonesia bisa sekaligus jadi sarana memberikan informasi tentang UMSU khususnya kepada kalangan anak muda,” katanya.

Kedepan, kata Arifin, UMSU akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat. Akreditasi A yang diraih sejumlah Prodi di UMSU diharapkan akan diikuti prodi lainnya sehingga upaya untuk meraih akreditasi A untuk perguruan tinggi bisa tercapai. “Kita tidak mungkin meraih akreditasi A untuk perguruan tinggi, jika Prodinya tidak ada yang terakreditasi A,” sebutnya.

Para calon mahasiswa baru UMSU yang berasal dari lulusan SMA Tahun 2018, bisa mendaftar dengan menyertakan surat keterangan hasil ujian (SKHU). Mereka juga bisa mendapatkan dua pilihan, masuk UMSU saja atau mengikuti seleksi bersama mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah (SBMPTM) bagi calon mahasiswa fakultas kedokteran, meliputi, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Ahmad Dahlan, FK UMJ Jakarta, FK UM Makassar, FK UM Malang, FK UM Palembang, FK UHAMKA, FK UM Purwokerto FK UM Semarang, FK UM Sumatera Utara dan FK UM Yogyakarta.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor II Akrim SPdI MPd, bahwa terkait kehadiran sejumlah artis papan atas nasional dalam acara Launching Penmaru UMSU tahun ini  sebenarnya bukan sekadar trend untuk menarik perhatian calon mahasiswa. “Tapi secara kebetulan UMSU menjadi salah satu kampus yang akan menjadi lokasi syuting untuk Film Romansa Danau Toba yang dibintangi Bastian Steel. Makanya setelah launching Penmaru UMSU 2018, akan dilanjutkan dengan proses syuting film yang mengambil beberapa bagian kampus UMSU,” jelasnya..

Melalui launching Penmaru UMSU 2018, ia berharap bukan saja memberikan hiburan bagi calon mahasiswa baru UMSU yang sebelumnya sudah melakukan pendaftaran secara online, tapi juga menjadi sarana edukasi dan informasi tentang keberadaan UMSU saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *