Menandai Satu Dasawarsa Fakultas Kedokteran UMSU menggelar simposium dan workshop internasional dengan tema “Infection and degenerative disease from biomolecular to clonical update”, di Kampus FK UMSU Jl. Gedung Arca,Medan (13-14/7).

Simposium yang menghadirkan guru besar dari Jichi Medical University Jepang, Prof. Hiroshi Nishino dan Prof. Thoshihiro itu dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. Edy Suandi Hamid, Jumat (13/7).

Prof. Edy Suandi Hamid mengatakan Muhammadiyah saat ini memiliki 12 Fakultas Kedokteran. UMSU menjadi salah satu FK yang usianya sudah mencapai 10 tahun dengan berbagai prestasi yang membanggakan.

Simposium dan Workshop internasional yang menghadirkan banyak guru besar dibidang kedokteran adalah bukti betapa seriusnya UMSU dalam melakukan proses alih teknologi dibidang kedokteran. Selain alih teknologi maka seminar ini menjadi bagian dari program internasionalisasi perguruan tinggi Muhammadiyah, jelas Prof. Edy Suandi Hamid.

Pada pembukaan Symposium dan Workshop memberi kata sambutan Dekan Fk UMSU Prof. Dr. Gusbakti Rusip, Wakil Rektor I  UMSU Dr. Muhammad Arifin Mhum.

Simposium diikuti sekitar 150 peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Sumatera.

Simposium berlangsung selama dua hari itu itu menggelar lima tema bahasan. Dihari pertama menyajikan dua judul, mulai dari ‘Future of Treatment of Head and Neck Cancer in Jepang”. Tema ini disampaikan Prof. Hiroshi Nishino MD., Ph.D. Sedang judul  “Hipertension update for Physician” disampaikan oleh Prof. Zulkifli Muchtar Sp.JP(K).

Dihari kedua, simposium menyajikan tiga judul bahasan. Mulai dari judul “Tuberculosis and Aspergillosis in Patient TB Suspect with BTA Staining Negative” oleh dr. Yahwardiah Siregar. Kemudian ” Neurosurgical Simulation Using 3D model with soft blood Vases”  disampaikan Prof. Toshihiro Mashiko Ph.D.

Simposium terakhir membahas tema “Viral Infections: immunology Petsoective Biimoleculer Aspect of Inflammation” yang disampaikan Prof. dr. Syafruddin Wahid Sp.PA, Sp.F,  Ph.D

Seluruh tema simposium diikuti dengan kegiatan Workshop.

Bersamaan dengan Simposium dan Workshop Satu Dasawarsa FK UMSU, Wakil Ketua  Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Edy Suandi Hamid melepas tujuh mahasiswa FKIP UMSU pada program Pertukaran Mahasiswa Keguruan se-Asia Tenggara  (SEA-Teacher Batch 6) ke Thailand dan Philipina. Serta pelepasan lima orang mahasiswa Kedokteran UMSU ke National Taiwan University.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.