Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) merayakan Milad 1 Dasawarsa  dengan tema ” Bakti 1 Dasawarsa  Memajukan Kesehatan”, berlangsung di Aula Kampus 1 Jl  Gedung Arca Medan, Minggu (15/7).

Pada puncak Milad FK ke-10 ini, semua  pihak mendoakan agar FK yang kini berkembang pesat pada usia yang relatif muda agar terus maju dan meraih akreditasi A. Turut hadir Rektor UMSU Dr Agussani, MAP, WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, WR II Akrim, MPd, Sekretaris  Universitas Gunawan, M.Th, Dekan FK UMSU Prof Dr Gusbakti Rusif, MSC.,AIFM beserta jajaran dekanat, Kadis Kesehatan Sumut Drs Agustama Apt, M.Kes, Wali Kota Medan Drs. Dzulmi Eldin, M.Si diwakili Kadis Pendidikan Drs Hasan Basri, mantan Dekan FK Dr Ade Taufiq, S. POG, para dokter senior sekaligus  pendiri FK dr Zulkarnain Tala,

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dalam sambutannya mengatakan perjalanan panjang dan masa sulit pada masa berdirinya FK tahun 2008, sudah mampu dilalui dengan kerja keras, bahu membahu dan tidak kenal lelah bersama dokter senior serta tokoh pendiri.  Perubahan menuju tata kelola yang baik dimulai tahun 2010, membuat FK berkembang dan maju, kini dapat dirasakan oleh semua elemen baik masyarakat, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan.  “Saya mengucapkan terimakasih kepada para pendiri dan mantan dekan atas jasanya pada FK. Saya juga  mengajak  pimpinan fakultas, tenaga pengajar dan semua pihak untuk sama-sama mensyukuri keberhasilan dan  kemajuan yang diraih,” ujar Rektor di hadapan para undangan Milad ke-10 ini.

Rektor Dr Agussani meminta pimpinan fakultas dan staf pengajar menjaga soliditas. Selain itu tetap menjaga kualitas lulusan. Tak kalah penting membangun komunikasi yang baik dengan para dokter senior dan tokoh pendiri. Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada Pemprovsu, pemerintah kabupaten/kota dan Polda atas kerjasama dalam penyelenggaraan pendidikan dokter bagi mahasiswa FK di beberapa rumah sakit.

Menurut Dr Agussani, pada momentum Milad ke-10 ini, pemerintah menambah kuota penerimaan mahasiswa baru FK UMSU menjadi 200 orang. Kuota mahasiswa baru ini termasuk tinggi di lingkungan FK antar perguruan tinggi di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Kemudian Dekan FK UMSU Prof Dr Gusbakti Rusif, MSC.,AIFM  mengatakan dari tahun ke tahun mahasiswa yang lulus UKMPPD terus meningkat. Dengan demikian, semakin banyak FK mencetak lulusan yang kini tercapai hampir 200 orang dan tersebar di seluruh provinsi salah satunya dr Amelia yang terpilih sebagai dokter nusantara. Kini FK terus meningkatkan sarana dan prasarana serta mutu pengajaran berbasis agama untuk menghasilkan dokter yang Islami.  FK bertekad untuk meningkatkan akreditasi saat ini B menjadi A pada tahun 2019 sesuai dengan predikat nya sebagai fakultas keunggulan pada Persyarikatan Muhammadiyah. Capaian lain, dosen FK telah banyak menembus jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional terindeks Scopus.

Sementara itu Kadis Kesehatan Sumut Drs Agustama Apt, M.Kes mengatakan pihaknya siap mendukung kemajuan FK UMSU termasuk penyediaan rumah sakit pendidikan. Dia yakin dengan  keunggulan FK UMSU karena baru 10 tahun berdiri sudah maju pesat, mencetak alumni hampir 200 dokter yang unggul dengan status akreditasi B gemuk. Kualitas pengelolaan yang profesional ini, lanjutnya, membuat  tidak ada lagi perbedaan lulusan swasta dengan negeri.

“Saya salut dengan kemajuan FK UMSU yang dikelola dengan kerja keras oleh Rektor Agussani dan jajarannya.Begitu juga alumninya terus berkiprah. Untuk itu kami siap rumah sakit kami di kerjasama kan,” katanya.

Wali Kota Medan diwakili Kadis Pendidikan Drs Hasan Basri mengajak FK UMSU bersama Pemko Medan menjadikan bidang kesehatan sebagai prioritas dalam pembangunan kualitas kesehatan masyarakat di Kota Medan.

Ketua Alumni FK UMSU dr Reza Pahlevi yang turut hadir menyampaikan rasa kagum pada perkembangan dan kemajuan FK yang begitu pesat dibandingkan pada masa awal berdiri. “Saya rasakan banyak perubahan dan kemajuan FK UMSU begitu pesat,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.